Manajemen strategi penghimpunan dana zakat (fundraising) Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam meningkatkan pelayanan muzakki di Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Jl. Cikutra No. 95 Bandung

Nurasri, Elisa (2021) Manajemen strategi penghimpunan dana zakat (fundraising) Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam meningkatkan pelayanan muzakki di Lembaga Amil Zakat Inisiatif Zakat Indonesia Jl. Cikutra No. 95 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Elisa Nurasri. Manajemen Strategi Penghimpunan Dana Zakat (Fundraising) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dalam Meningkatkan Pelayanan Muzakki (Studi Deskriptif Di Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (LAZ IZI) Jl. Cikutra No. 95 Bandung) Proses penghimpunan dana zakat merupakan suatu proses yang sangat krusial dalam keberlangsungan program yang bersifat kontinyu agar tepat dalam mendistribusikannya kepada mustahiq. Dalam hal ini terdapat lima program utama yang terdapat di LAZ IZI Jawa Barat, diantaranya program IZI To Smart, IZI to Success, IZI to FIT, IZI to Iman, serta IZI to Help. Kelima program tersebut sangat menarik untuk diteliti dengan dimulai dari proses perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi dalam menghimpun dana zakat dalam meningkatkan pelayanan muzakki. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen strategi penghimpunan dana zakat LAZ IZI dalam meningkatkan pelayanan muzakki. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori manajemen strategi yang dimulai dari perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan realitas yang ada melalui teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses penghimpunan LAZ IZI Jawa Barat pada tahap perumusan strategi dilakukan untuk mengoptimalkan kekuatan dan peluang serta dapat mengurangi kelemahan dan tantangan sehingga proses penghimpunan dana zakat dapat berjalan sesuai dengan yang telah dirumuskan. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan strategi yang didalamya terdapat lima program andalan yang dibuat secara profesional. Tahap terakhir yaitu evaluasi strategi dengan melaksanakan evaluasi berdasarkan data yang detail. Maka, dapat disimpulkan bahwa LAZ IZI Jawa Barat sudah melakukan manajemen strategi dengan baik dengan melalui seluruh tahap dalam proses manajemen strategi menunjukkan keberhasilan yang signifikan. Kata Kunci : Manajemen Strategi, Penghimpunan, Zakat, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Penghimpunan; Zakat; Pelayanan;
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Elisa Nurasri
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:21
Last Modified: 09 Aug 2021 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41593

Actions (login required)

View Item View Item