Makna pesan dalam dakwah di media sosial Instagram: Analisis semiotika pesan dakwah visual pada akun Instagram @dakwahquransunnah

Haq, M Rijal Ul (2021) Makna pesan dalam dakwah di media sosial Instagram: Analisis semiotika pesan dakwah visual pada akun Instagram @dakwahquransunnah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya mendorong masyarakat untuk dapat mengakses informasi dengan lebih mudah namun juga memberikan kesempatan pada pemuka agama agar dapat menyebarkan nilai-nilai kepercayaannya. Hal ini pun dilakukan oleh anggota kelompok organisasi Persatuan Islam yang terus berupaya menyebarkan paham keagamaan fundamental mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos pesan dakwah pada ilutrasi gambar Instagram akun @dakwahquransunnah periode 2019-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori semiotika Roland Barthes yang dikenal dengan konsep analisisnya mengkaji tentang makna atau simbol dalam bahasa atau tanda (sign) untuk mengetaui makna denotasi, konotasi dan mitos yang bergantung pada konteks tertentu. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu objek yang di teliti akun Instagram @dakwahquransunnah yang selanjutnya akan diteliti pesan dakwah yang terdapat pada setiap postingannya dengan menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes untuk mengungkap makna denotasi, konotasi, dan mitos. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui makna dari tanda-tanda yang ada dalam postingan akun instagram @dakwahquransunnah. Hasil penelitian menunjukkan pesan dakwah yang disampaikan akun Instagram @dakwahquransunnah periode 2019-2020 dibagi menjadi tiga klasifikasi pesan dakwah yaitu pesan dakwah aqidah, pesan dakwah syariah, dan pesan dakwah akhlak.Secara denotatif postingan yang terdapat pada gambar mengandung unsur gambar, warna dan tulisan kata-kata, dan secara konotatif terdapat makna yang tersirat pada setiap gambar, dan secara makna mitos yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: akun instagram @dakwahquransunnah; pesan dakwah; media sosial; semiotika
Subjects: General Organizations in Indonesia
Islam Umum
Communications Telemunications
Decorative Arts > Heraldic Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M Rijal Ul Haq
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:58
Last Modified: 08 Aug 2021 23:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41579

Actions (login required)

View Item View Item