Pengaruh berbagai jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun jepang (Cucumis sativus l.) varietas roberto

Maulani, Yeni (2021) Pengaruh berbagai jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun jepang (Cucumis sativus l.) varietas roberto. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Mentimun jepang atau kyuri merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Permintaan pasar akan mentimun jepang semakin meningkat akan tetapi kebutuhannya masih belum terpenuhi sehingga budidaya mentimun jepang merupakan peluang yang bagus bagi para petani. Pemberian berbagai jenis pupuk kandang dan pengaturan jarak tanam yang tepat diharapkan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun Jepang varietas Roberto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun Jepang varietas Roberto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2021 di di Kp Leles Girang, Desa Kurniabakti, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok faktorial dua faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama yaitu berbagi jenis pupuk kandang p1 (pupuk kandang ayam 20 t ha-1), p2 (pupuk kandang kambing 20 t ha-1) dan p3 (pupuk kandang sapi 20 t ha-1) dan faktor kedua yaitu jarak tanam j1 (60 cm x 30 cm), j2 (60 cm x 40cm) dan j3 (60 cm x 50 cm), sehingga terdapat 12 kombinasi taraf perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat interaksi antara berbagai jenis pupuk kandang dan jarak tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun Jepang varietas Roberto. Pupuk kandang ayam, kambing dan sapi tidak berbeda nyata dan berpengaruh terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, jumlah buah, berat degar buah pertanaman, dan indeks panen tanaman mentimun Jepang varietas Roberto. Sedangkan jarak tanam 60 cm x 40 cm memberikan pengaruh terbaik terhadap parameter tinggi tanaman, luas daun, dan berat segar buah tanaman mentimun jepang varietas Roberto.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pukan ayam; Pukan kambing, Pukan sapi, Jarak Tanam, Kyuri
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Farm, Farming
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Yeni Maulani
Date Deposited: 05 Aug 2021 05:07
Last Modified: 05 Aug 2021 05:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41490

Actions (login required)

View Item View Item