Perilaku sosial siswa dari pembelajaran luring ke pembelajaran daring di masa pandemik Covid-19 : Penelitian pada siswa SDN201 Sukaluyu Bandung

Oktrilany, Sayidah Rahmah (2021) Perilaku sosial siswa dari pembelajaran luring ke pembelajaran daring di masa pandemik Covid-19 : Penelitian pada siswa SDN201 Sukaluyu Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu adanya pandemik Covid-19 maka diberlakukannya sistem pembelajaran dalam jaringan yang disingkat daring. Adanya pembelajaran daring ini menjadi hal dan tantangan baru bagi guru, siswa dan orang tua siswa. Dari pemberlakuan pembelajaran daring menyebabkan adanya perubahan perilaku sosial yang dirasakan dan dilakukan dalam pembelajaran ataupun dalam kehidupan sehari-hari terkhususnya pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perilaku sosial siswa SDN 201 Sukaluyu Bandung selama pembelajaran di sekolah sebelum terjadinya pandemik Covid-19, (2) mengetahui perubahan perilaku sosial siswa SDN 201 Sukaluyu Bandung setelah diberlakukannya pembelajaran jarak jauh atau daring di masa pandemik Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian dilakukan terhadap siswa, orang tua siswa dan guru. Dalam penelitian ini teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan penelitian yaitu teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Menurut Weber tindakan sosial berfokus pada individu atau perorangan bukan kemlompok. Tindakan sosial yang dilakukan memiliki alasan dan tujuan yang ditujukan pada orang lain. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa adanya perubahan perilaku sosial siswa selama pembelajaran luring yang bermacam-macam. Sebagian senang berbaur dengan teman-temannya di sekolah, ada yang senang berbaur walau ada beberapa teman yang dirasa kurang nyaman, ada yang hanya mau dekat dengan teman yang dirasa nyaman, namun ada siswa yang tidak nyaman bermain dengan temannya dan ada pula siswa yang membutuhkan waktu agar bisa berbaur dengan teman yang baru dikenal. Lalu, perilaku sosial siswa saat diberlakukannya pembelajaran daring terdapat perubahan yang berbeda-beda. Perubahan itu di antaranya sering keluar rumah bermain dengan temannya, sering bermain gadget selain untuk belajar, kurang sabar, susah diatur, kurang disiplin waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain atau bersantai, ada yang suka bermain dengan teman di rumah namun karena ada teman yang kurang disuka atau tidak ada teman yang sebaya di sekitar rumahnya akhirnya memilih bermain di rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perilaku sosial siswa; pembelajaran daring; pembelajaran luring
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Factors Affecting Social Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sayidah Rahmah Oktrilany
Date Deposited: 05 Aug 2021 03:48
Last Modified: 05 Aug 2021 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41488

Actions (login required)

View Item View Item