Praktik pembelajaran tematik dalam mengembangkan kecerdasan emosional di Madrasah Ibtidaiyyah : Studi kasus di MIN 1 Karawang, Tegalwaru Kabupaten Karawang

Ramadhan, Yusron (2021) Praktik pembelajaran tematik dalam mengembangkan kecerdasan emosional di Madrasah Ibtidaiyyah : Studi kasus di MIN 1 Karawang, Tegalwaru Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwasannya pembelajaran tematik dapat mengembangkan kecerdasan emosional khususnya di MIN 1 Karawang. Kurikulum pembelajaran yang terdapat di MIN 1 karawang dapat membantu mengembangkan kecerdasan emosional. Salah satu kurikulum di MIN 1 Karawang yang dapat mengembangkan kecerdasan emosional adalah praktek ibadah dalam pembelajaran tematik dan hafalan juz 30 di sela pembelajaran tematik. Kemudian ketika akan dimulai proses terjadinya pembelajaran tematik, seorang guru melakukan opening memberikan motivasi, karena pembelajaran temati itu sendiri, pembelajaran yang terdiri dari tema-tema dan dari tema-tema itu sendiri dapat mengembangkan kecerdasan emosional. yang membedakannya, bagaimana pendidik dapat mengembangkan cerdasan emosional yang terdapat pada para peserta didiknya. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui aspek kecerdasan emosional apasaja yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik, metode seperti apa yang digunakan MIN 1 Karawang dalam mengembangkan kecerdasan emosional dalam pembelajaran tematik dan bagai mana evaluasi yang digunakan Min 1 Karawang dalam mengembangkan kecerdasan emosional dari pembelajaran tematik, kemudian adakah faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan adakah dampak yang terjadi pada peserta didik dalam pengembangan kecerdasan emosional. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil bidang kurikulum, 1 orang wali kelas/ guru kelas. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. sumber analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitianya yaitu 1) aspek kecerdasan emosional yang dikembangkan dalam pembelajaran tematik adalah aspek kecerdasan emosi individu dan emosi sosial dari diri siwa itu sendiri. 2) metode yang di gunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada pembelajaran tematik adalah metode pembiasaan. 3) evaluasi yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada pembelajaran tematik adalah dilihat dari keseharian peserta didik di kelas atau kebiasan sehari-hari di sekolah berkaitan prilaku dan sikap. 4) faktor pendukung dan penghambatnya adalah faktor eksternal dan internal peserta didik itu sendiri. 5) dampak dari pengembangan kecerdasan emosional pada pembelajaran tematik adalah peserta didik lebih produktif dalam kerja kelompok, berdiskusi dan mengemukakan pendapatnya. Kemudian emosi peserta didik lebih terkendali ketika proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik; kecerdasan emosional
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives > Emotions and Feeling
Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yusron Ramadhan
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:49
Last Modified: 05 Aug 2021 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41484

Actions (login required)

View Item View Item