Desain grafis sebagai media dakwah : Studi deskriptif desain grafis sebagai media dakwah di Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jannah, Fitri Miftahul (2021) Desain grafis sebagai media dakwah : Studi deskriptif desain grafis sebagai media dakwah di Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas dakwah bukan hanya kepada usaha penyampaiaannya saja melainkan kepada usaha untuk mengubah way of thinking, way of feeling, dan way of life manusia sebagai sasaran dakwah kearah kualitas kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam proses penyampaian pesan dakwah dibutuhkan suatu media yang tepat untuk mencapai harapan yang dituju. Begitu pun dalam penggunaan medianya harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi mad’u saat ini. Apabila media yang digunakan tepat dan sesuai, maka dakwah dapat terima secara efektif dan efisien. Sejumlah media menarik lainnya banyak ditemukan seperti desain grafis salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan mengenai media dakwah yang digunakan oleh Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses perancangan desain grafis, proses penerapan elemen grafis dan prinsip desain, serta proses penyampaian pesan dakwah melalui media desain grafis di Instagram. Penelitian ini didasari oleh asumsi Teori Gestalt tentang persepsi visual. Asumsi ini kemudian dianalogikan dengan proses penyampaian pesan dakwah melalui media desain grafis yang implementasinya identik dengan perancangan dan penerapan elemen grafis serta prinsip desain pada sebuah karya desain. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyampaian pesan dakwah melalui media desain grafis, pesan dikemas ke dalam bentuk desain Microblogging, Listicle, dan Komik, materi dakwah yang disampaikan berupa pesan yang relevan dengan kondisi mad’u serta bersumber dari alquran dan as-sunnah. Sementara segmentasi sasaran dakwah LDM UIN Bandung ialah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terutama pengguna aktif media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Digital; Media Dakwah; Desain Grafis; LDM UIN Bandung
Subjects: Islam > Da'wah
Drawing and Drawings > Graphic Design, Illustration Drawings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fitri Miftahul Jannah
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:23
Last Modified: 06 Aug 2021 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41480

Actions (login required)

View Item View Item