Penerapan model pembelajaran CORE (Chemical Observations, Representations, and Experimentation) pada Materi kesetimbangan kimia

Septiyanti, Rika (2021) Penerapan model pembelajaran CORE (Chemical Observations, Representations, and Experimentation) pada Materi kesetimbangan kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa secara online, kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja (LK), dan peningkatan representasi mahasiswa setelah diterapkannya model pembelajaran CORE (Chemical Observations, Representations, and Experimementation) pada materi Kesetimbangan Kimia. Pada proses pembelajaran, digunakan media pembelajaran berupa PowerPoint interaktif dan instrumen berupa Lembar Kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest design dan sampel satu kelas sebagai subjek penelitian. Aktivitas belajar mahasiswa yang terkait dengan respon materi yang disampaikan dalam forum online mencapai rata-rata skor keterlaksanaan sebesar 97%. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan tahapan model pembelajaran CORE menggunakan lembar kerja mencapai rata-rata nilai 84, dan kemampuan representasi mahasiswa juga mengalami peningkatan dengan diperolehnya N-gain sebesar 0,3957 dengan interpretasi sedang. Dari hasil uji-t didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan representasi mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran CORE pada materi Kesetimbangan Kimia. Selain itu terdapat peningkatan nilai rata rata hasil pretest sebesar 62,29 terhadap nilai rata-rata posttest sebesar 89,4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CORE; Representasi Kimia,; Kesetimbangan Kimia
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rika Septiyanti
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:12
Last Modified: 05 Aug 2021 06:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41473

Actions (login required)

View Item View Item