Implementasi surat edaran nomor P 004/DJ.III/Hk.00.7/04/2020 tentang pengendalian pelaksanaan pelayanan nikah di masa darurat bencana wabah Covid-19: Studi kasus di Kantor Urusan Agama Kec. Cikancung Kab. Bandung

Mulyana, Agus (2021) Implementasi surat edaran nomor P 004/DJ.III/Hk.00.7/04/2020 tentang pengendalian pelaksanaan pelayanan nikah di masa darurat bencana wabah Covid-19: Studi kasus di Kantor Urusan Agama Kec. Cikancung Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafrarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pelayanan perkawinan sangat penting dalam kehidupan berumah tangga. Karena adanya pandemi wabah covid-19, Kementerian Agama melalui Dirjen Bimas Islam mengeluarkan Surat Edaran yang mengatur pelaksanaan pelayanan nikah di tengah pandemi wabah covid-19. Di wilayah KUA Kecamatan Cikancung penerapan Surat Edaran tersebut untuk tetap mendukung pelaksanaan pelayanan pernikahan dengan tatanan normal baru, memberikan rasa aman dan mencegah serta mengurangi risiko penyebaran wabah Covid-19. Tujuan penelitian ini di dasarkan pada rumusan masalah yaitu untuk mengetahui pengetahuan masyarakat, penerapan, dan dampak surat edaran terhadap pelaksanaan pelayanan nikah di masa darurat bencana wabah penyakit akibat covid-19. Dasar pemikiran dalam penelitian ini adalah Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor P-004/DJ.III/Hk.00.7/04/2020 tentang Pengendalian Pelaksanaan Pelayanan Nikah di Masa Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Covid-19. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwasannya Pengetahuan dan Pemahaman Masyarakat tentang pelaksanaan pelayanan perkawinan di tengah pandemic covid-19 sudah mengetahui dan paham, namun masih ada yang tidak patuh terhadap himbauan Dirjen Bimas Islam mengenai Surat Edaran Nomor P-004/DJ.III/Hk.00.7/04/2020. Penerapan Surat Edaran di Petugas KUA sudah baik namun pada praktiknya di masyarakat masih ada beberapa pelaksanaan yang belum menerapkan, namun hal tersebut sedikitnya membuktikan bahwa penerapan Surat Edaran tersebut memiliki peran dalam peristiwa pernikahan dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Adapun dampak terhadap catin yang mau melangsungkan perkawinan ada beberapa yang terpaksa di undur, resepsi (walimatul ‘ursy) di tunda bahkan ada yang di batalkan, selain itu ada beberapa catin yang melangsungkan pernikahan di bawah tangan (secara agama) terlebih dahulu karena melihat situasi kondisi pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementsi Surat Edaran; Pelayanan Nikah di Masa Pandemi Covid-19
Subjects: Islam > Marriage and Family Life
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Culture and Institutions > Marriage
Customs of Life Cycle and Domestic Life > Wedding and Marriage Customs
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Agus Mulyana
Date Deposited: 05 Aug 2021 08:20
Last Modified: 05 Aug 2021 08:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41442

Actions (login required)

View Item View Item