Peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT): Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas VI SDN Sampora

Aziz, Muhamad Abdul (2021) Peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT): Penelitian quasi eksperimen pada peserta didik kelas VI SDN Sampora. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) (Penelitian Quasi Eksperimen pada peserta didik Kelas VI SDN Sampora).Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari interaksi keaktifan peserta didik. Maka penulis tertarik untuk menerapkam suatu metode pembelajaran baru untuk diterapkan di SD Negeri Sampora agar keaktifan belajar siswa meningkat lebih baik dari sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui 1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada kelas eksperimen di SD Negeri Sampora 2). Perbedaan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SD Negeri Sampora 3). Perbedaan peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI yang lebih baik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SD Negeri Sampora. Pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) merupakan salahsatu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Hipotesis yang di ajukan adalah terdapat perbedaan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SD Negeri Sampora. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri masing-masing 22 siswa kelas VI di SD Negeri Sampora. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, tes, angket dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode pembelajaran NHT berjalan dengan sangat baik. 2) pengaruh metode pembelajaran NHT terhadap keaktifan belajar PAI dan Budi Pekerti berpengaruh positif dan signifikan. Hal ini dapat dilihat dari a) hasil pengamatan ada 12 orang atau 54,55% kategori sangat aktif dan 10 orang atau 45,45% kategori aktif. b) hasil pretest dengan rata-rata 47,5 dan postest 79,31 berarti model pembelajaran NHT ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang disebabkan oleh meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar. c) Hasil analisis angket siswa ada 3 orang atau 13,64% kategori sangat aktif dan 16 orang atau 72,72% kategori aktif, dan 3 orang atau 13,64% kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VI SD Negeri Sampora.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar; model pembelajaran; kooperatif tipe; Number Head Together (NHT)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Abdul Aziz
Date Deposited: 04 Aug 2021 06:39
Last Modified: 04 Aug 2021 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41440

Actions (login required)

View Item View Item