Bimbingan dzikir dalam meningkatkan disiplin shalat berjamaah santri : Penelitian di Pondok Pesantren Fajar Dunia ,Kampung Palasari No.50, RT.21/RW.10, Desa Mampir, Kecamatan. Cileungsi, Kabupaten Bogor

Al asyqary, Daffa Naufal (2021) Bimbingan dzikir dalam meningkatkan disiplin shalat berjamaah santri : Penelitian di Pondok Pesantren Fajar Dunia ,Kampung Palasari No.50, RT.21/RW.10, Desa Mampir, Kecamatan. Cileungsi, Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah tentang (1) bagaiamana proses bimbingan dzikir dalam meningkatkan disiplin shalat berjamaah santri Fajar Dunia Bogor? (2) bagaiamana hasil bimbingan dzikir dalam meningkatkan displin shalat berjamaah santri Fajar Dunia Bogor. Dalam menjawa permasalahan tersebut, metode yang di gunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif komperatif. Peneliti mencari data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses bimbingan dzikir dalam meningkatkan kedisplinan shalat berjamaah santri Fajar Dunia Bogor, yaitu dengan membandingkan teori dan praktek lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakkni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses bimbingan. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses bimbingan dzikir dalam meningkatkan disiplin shalat berjamaah santri Fajar Dunia Bogor dengan cara menggunakan langkah-langkah yang ada dalam Bimbingan Konseling Islam yakni identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, evaluasi dan follow up. Terapi dzikir yang digunakan adalah dzikir yang disusun oleh pengasuh Pondok Pesantren Bapak Kiyai Abu Arif, yang dibaca setiap hari selesai melaksanakan shalat berjamaah lima waktu dengan tujuan dapat dijadikan sebagai obat hati pada diri seorang santri yang mempunyai fikiran negatif serta sikap malas dalam diri santri, sehingga pemikiran negatif yang menempel pada diri santri menjadi luntur dengan senantiasa santri selalu mengingat Allah SWT dengan istiqomah, khusyu’ dan penuh ketenangan, seiring waktu berjalan perlahan-lahan sikap malas pada santri lambat laun menjadi luntur, santri sudah mulai disiplin dan istiqomah dalam melaksanakan shalat berjamaah 5 waktu di masjid Pondok Pesantren, serta membiasakan santri untuk selalu mengambil hal yang utama khususnya dalam melaksanakan shalat berjama’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Dzikir; Disiplin.
Subjects: Comparative Psychology
Doctrines of Religions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Daffa Naufal Al Asyqary
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:26
Last Modified: 04 Aug 2021 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41401

Actions (login required)

View Item View Item