Manajemen supervisi akademik terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung

Munawar, Asep Rizal (2021) Manajemen supervisi akademik terhadap kinerja guru pada masa pandemi Covid-19 : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.docx.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kegiatan supervisi di MAN 2 Kota Bandung yang belum maksimal. Sementara kondisi pandemi covid-19 mengharuskan setiap lembaga pendidikan melaksanakan pembelajaran jarak jauh, dan ini menjadi persoalan serius bagaimana lembaga pendidikan bisa bertahan dan memaksimalkan kemampuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran agar tercapainya tujuan pendidikan. Model pemebelajaran di setiap sekolah menjadi PR manajemen sekolah dalam memberikan fasilitas dan solusi agar pembelajaran masa pandemi tetap berjalan dengan baik, termasuk di MAN 2 Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis manajemen Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 yang meliputi: tahap pertemuan awal (perencanaan), tahap observasi pembelajaran (palaksanaan), dan tahap pertemuan balikan (evaluasi dan refleksi) supervisi akademik. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskiptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Manajemen Supervisi Akademik di MAN 2 Kota Bandung untuk beberapa komponen sudah sesuai dengan teori pelaksanaan supervisi akademik masa covid, yakni (1) Perencanaan: meliputi pengkajian program supervisi, identifikasi infrastruktur, penyusunan instrument penilaian, singkronisasi program, dan sosialisasi program. (2) pelaksanaan: meliputi kegiatan pra observasi (perencanaan awal, pengecekan rancangan pembelajaran, media pembelajaran), melakukan observasi pembelajaran secara daring melalui media/aplikasi, dan melakukan kegiatan post observasi dengan menganalisis hasil observasi, evaluasi dan merencanakan tindak lanjut supervisi (3) Evaluasi : meliputi kegiatan menganalisis hasil pelaksanaan supervisi dari awal sampai akhir dan menindaklanjuti hasil supervisi tersebut. Kedua Kinerja Guru dalam membuat perencaan pembelajaran cukup baik, beberapa komponen yang masih harus diperbaiki, dan untuk penilaian pelaksanaan pembelajaran, belum secara maksimal dilakukan, penilaian baru dilihat ketika adanya laporan kegiatan pembelajaran oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Supervisi Akademik; Kinerja Guru
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asep Rizal Munawar
Date Deposited: 04 Aug 2021 00:39
Last Modified: 04 Aug 2021 00:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41378

Actions (login required)

View Item View Item