Motivasi belajar siswa menggunakan media Whatsapp Group hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Margahayu

Nurjanah, Devi Fitriani (2021) Motivasi belajar siswa menggunakan media Whatsapp Group hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram : Penelitian pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Margahayu. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Setelah melakukan studi pendahuluan, penulis mendapatkan fakta yang terjadi di sekolah bahwa motivasi belajar siswa menggunakan media whatsapp group dengan hasil belajar siswa masih rendah. Sebagai bukti masih banyak siswa yang lalai dalam mengikuti pembelajaran dan telat dalam pengumpulan tugas, sehingga nilai yang diperoleh masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Margahayu saat menggunakan media whatsapp group. 2) hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Margahayu. 3) hubungan antara motivasi belajar siswa saat menggunakan media whatsapp group dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Margahayu. Secara teoritis bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya adalah motivasi belajar siswa. Berdasarkan pada teori tersebut penulis akan meneliti motivasi belajar siswa menggunakan media whatsapp group hubungannya dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Margahayu. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas VIII A-F SMP Negeri 3 Margahayu dengan populasi 271 dan sampel 41 orang siswa, 3) Tempat dan waktu penelitian di SMP Negeri 3 Margahayu dari tanggal 8 Februari 2021 sampai dengan 27 Mei, 4) Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan menggunakan parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: 1) Motivasi belajar siswa menggunakan media whatsapp group pada mata pelajaran PABP materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan haram termasuk kategori tinggi dengan rata-rata 3,43. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP materi mengonsumsi makanan dan miniman yang halal dan menjauhi yang haram memikiki kategori sangat tinggi dengan nilai 86,01. 3) Hubungan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media whatsapp group dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PABP materi mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram berada pada koefisien korelasi 0,89 sangat tinggi. Hasil hipotesis diperoleh T hitung 12,48 > T tabel 2,02, artinya ada hubungan antara variabel X dan Variabel Y. Derajat berpengaruh sebesar 79,21%, sehingga masih terdapat 20,79% faktor lain yang berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; hasil belajar; pendidikan agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Fitriani Nurjanah
Date Deposited: 06 Aug 2021 02:30
Last Modified: 06 Aug 2021 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41365

Actions (login required)

View Item View Item