Efektivitas penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan

Febrina, Riana (2021) Efektivitas penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu dampak adanya Wabah Covid-19 adalah pemerintah mengharuskan untuk mengeluarkan kebijakan mengenai pembelajaran dilaksanaan di rumah menggunakan sistem pembelajaran daring. Semakin lama pembelajaran ini dilakukan, tampaknya menimbulkan rasa bosan dan kurang terlihat efektivitas pembelajaran. Model pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk memperoleh efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental desain one shot case study. Subjek penelitian 31 siswa kelas X IPA MA Al-Badriyah Sukabumi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar kerja siswa (LKS) dan test evaluasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh persentase tertinggi pelaksanaan POE sebesar 91,4% dengan kriteria sangat baik. Adapun persentase rata-rata aktivitas siswa 97,9% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, hasil belajar ditinjau berdasarkan kategori ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 80 dengan kategori sedang, sedangkan ditinjau dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah diperoleh 87% siswa telah memenuhi kriteria tuntas (nilai ≥75) dan termasuk kategori sangat baik. Pengujian menggunakan uji-t memperlihatkan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan hal tersebut, penerapan pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dalam sistem pembelajaran daring pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikatakan efektif diterapkan dalam sistem pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem pembelajaran daring; POE; efektivitas pembelajaran; larutan elektrolit dan non elektrolit
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Riana Febrina
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:37
Last Modified: 05 Aug 2021 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41267

Actions (login required)

View Item View Item