Pengaruh Current Liabilities dan Non Current Liabilities terhadap Return on Assets (ROA) pada Perusahaan yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk. periode 2010-2019

Aprilia, Ega (2021) Pengaruh Current Liabilities dan Non Current Liabilities terhadap Return on Assets (ROA) pada Perusahaan yang Terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) di PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk. periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang dapat digunakan untuk mengembalikan hutang dan bunga pinjaman. Perusahaan dengan tingkat profitabilitas tinggi biasanya menggunakan hutang dalam jumlah sedikit dibandingkan dengan perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang rendah karena perusahaan dengan tingkat pengembalian yang tinggi memungkinkan untuk membiayai sebagian besar kebutuhan pendanaan dengan dana yang dihasilkan secara internal. Sebaliknya pada tingkat profitabilitas yang rendah, perusahaan akan menggunakan hutang untuk membiayai operasionalnya. Current Liabilities dan Non Current Liabilities kecil mencerminkan bahwa Return on Assets (ROA) yang dimiliki besar. Permasalahan muncul ketika Current Liabilities dan Non Current Liabilities yang diperoleh tinggi, tetapi Return on Assets (ROA) yang dihasilkan justru tinggi ataupun sebaliknya, seperti yang terjadi di PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current Liabilities secara parsial terhadap Return on Assets (ROA) PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk, pengaruh Non Current Liabilities secara parsial terhadap Return on Assets (ROA) PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk, dan pengaruh Current Liabilities dan Non Current Liabilities secara simultan terhadap Return on Assets (ROA) PT. Elang Mahkota Tekologi Tbk. Kerangka teori yang dipakai pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Current Liabilities dan Non Current Liabilities, maka semakin rendah pula terhadap Return on Assets (ROA) yang dimiliki. Metode penelitian ini memakai metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk Periode 2010-2019 yang berasal dari halaman halaman website resmi. Melalui penelitian ini didapat kesimpulan bahwa: 1) Current Liabilities berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Assets (ROA) secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 0,7%. 2) Non Current Liabilities berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Assets (ROA) secara parsial dengan koefisien determinasi sebesar 17,3%. 3) Current Liabilities dan Non Current Liabilities berpengaruh tidak signifikan terhadap Return on Assets (ROA) secara simultan dengan koefisien determinasi sebesar 22,3% di PT. Elang Mahkota TEknologi Periode 2010-2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Liabilities; Non Current Liabilities; Return on Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ega Aprilia
Date Deposited: 02 Aug 2021 04:31
Last Modified: 02 Aug 2021 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41264

Actions (login required)

View Item View Item