Manajemen penggunaan Majalah Surili sebagai wujud peduli hutan di Jawa Barat : Analisis deskriptif majalah internal Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat

Handayani, Putri Tri (2021) Manajemen penggunaan Majalah Surili sebagai wujud peduli hutan di Jawa Barat : Analisis deskriptif majalah internal Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Media internal merupakan metode komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan berbagai informasi perusahaan atau lembaga kepada khalayak internal. Menciptakan media internal sebagai perantara untuk mendorong komunikasi yang baik dan harmonis dengan pegawai, sehingga dapat meningkatkan semangat bekerja di dalam perusahaan atau pun lembaga pemerintahan. Dengan begitu para pegawai dapat mengetahui perkembangan, berita dan memiliki pengetahuan yang luas berkat media internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana manajemen penggunaan majalah Surili sebagai wujud peduli hutan di Jawa Barat. Mengingat majalah internal yang diterbitkan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat memiliki eksistensi yang cukup tinggi. Penelitian ini menggunakan konsep four steps Public Relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center & Broom dalam bukunya yang berjudul Effective Public Relations. Konsep ini menjadi dasar dalam penelitian majalah Surili dikarenakan mampu menjabarkan proses pengelolaan sebuah program dengan sangat detail dari mulai tahap perumusan masalah hingga evaluasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif, dimana penelitian ini menguraikan dan menjabarkan dengan jelas bagaimana proses manajemen majalah Surili. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis melalui tiga cara yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat menggunakan konsep four steps Public Relations dalam proses pembuatan majalah Surili yang terbagi menjadi empat tahapan, yaitu : 1) Tahap merumuskan masalah yang terdiri dari riset informal, aspirasi, serta kompilasi data dan informasi; 2) Tahap perencanaan program yang terdiri dari menentukan tujuan, nama majalah, target pembaca, konten majalah, merancang desain majalah, dan membuat jadwal terbit; 3) Tahap tindakan dan komunikasi yang terdiri dari mengemas pesan untuk khalayak, melibatkan pegawai dalam penulisan, dan melakukan promosi; dan 4) Tahap evaluasi yang terdiri dari diskusi dan evaluasi tim penyusun majalah. ENGLISH : Internal media is a communication method used to convey various company or institutional information to internal audiences. Creating internal media as intermediaries to encourage good and harmonious communication with employees, so as to increase the spirit of working in companies or government institutions. That way employees can know developments, news and have extensive knowledge thanks to internal media. This study aims to find out more about the management of the use Surili magazine as a form of forest care in West Java. Considering that an internal magazine published by the West Java Provincial Forestry Service has a fairly high existence. This study uses the concept of four steps of Public Relations proposed by Cutlip, Center & Broom in his book entitled Effective Public Relations. This concept became the basis for Surili magazine's research because it was able to describe the process of managing a program in great detail from the problem formulation stage to evaluation. The research method used is descriptive analysis, where this study describes and clearly describes the management process of Surili magazine. Data collection techniques carried out by the author in three ways, namely in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study show that the West Java Provincial Forestry Service uses the four steps concept of Public Relations in the process of making Surili magazine which is divided into four stages, namely: 1) The stage of formulating the problem which consists of informal research, aspirations, and compilation of data and information; 2) Planning program stage which consists of determining the purpose, name of the magazine, target readers, magazine content, designing the magazine design, and making a publication schedule; 3) The action and communication stage consists of packaging messages for the audience, involving employees in writing, and carrying out promotions; and 4) Evaluation stage which consists of discussion and evaluation of the magazine compiler team.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manajemen Public Relations; Majalah; Konsep Four Steps Public Relations;
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Putri Tri Handayani
Date Deposited: 04 Aug 2021 01:19
Last Modified: 04 Aug 2021 01:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41259

Actions (login required)

View Item View Item