Analisis pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Matahari Putra Prima Tbk periode 2010-2019

Muslimah, Cindra Ratu (2021) Analisis pengaruh Inventory Turnover Ratio (ITR) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Return On Investment (ROI) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Matahari Putra Prima Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan akan berupaya untuk mengembangkan usahanya agar bisa mendapatkan dana. Jika perusahaan memiliki keadaan finansial yang baik maka investorpun akan memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan tersebut. Adapun untuk menentukan kondisi keuangandalam sebuah perusahaan dapat dilakukan dengan menganalisis rasio-rasio keuangannya. Return On Investment dapat digunakan untuk meramalkan laba di masa depan. Rasio yang dapat dipakai untuk menganalisis keuangan ialah Inventory Turnover Ratio dan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ITR terhadap ROI secara parsial, DER terhadap ROI secara parsial dan seberapa besar pengaruh ITR dan DER terhadap ROI secara simultan. Kerangka pemikiran menunjukan bahwa ITR terhadap ROI berpengaruh positif, sedangkan DER berpengaruh negatif terhadap ROI. Maka, apabila ITR naik dan DER turun maka tingkat profitabilitas ROI akan naik, karena semakin cepat perputaran persedian menunjukan perusahaan mampu beroperasi secara optimal sehingga akan memperbesar laba yang akan dihasilkan dan apabila tingkat hutang yang rendah maka tingkat profitabilitas akan tinggi. Begitupun sebaliknya.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis kuantitaf yang digunakan yaitu dengan analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji t dan analisis uji F, untuk memperkuat hasil perhitungan manual peneliti juga menggunakan aplikasi SPSS For Windows 20.0. Adapun hasil dari pengujian pada penelitian ini menunjukkan ITR terhadap ROI terbukti tidak berpengaruh dengan tingkat 0,27% yang artinya memiliki korelasi yang lemah dan untuk uji t menunjukkan Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya bahwa pengaruh ITR secara parsial tidak terdapat pengaruh terhadap ROI. DER terhadap ROI terbukti tidak berpengaruh dengan tingkat 45,4%, untuk korelasi tergolong sangat lemah dan untuk uji t menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh antara DER secara parsial terhadap ROI. ITR dan DER terhadap ROI secara simultan terbukti tidak berpengaruh, untuk korelasi berganda terdapat hubungan yang kuat dengan tingkat R2 sebesar 42,9%, dan dengan uji F menunjukan Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat dirumuskan bahwa secara simultan pengaruh ITR dan DER berpengaruh tidak terhadap ROI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Investment
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Financial Reporting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Cindra Ratu Muslimah
Date Deposited: 02 Aug 2021 01:27
Last Modified: 02 Aug 2021 01:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41190

Actions (login required)

View Item View Item