Pengaruh revolusi industri terhadap pemilihan profesi kaum milenial : Studi terhadap mahasiswa sosiologi angkatan 2016 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Muhammad, Fadhlurrahman (2021) Pengaruh revolusi industri terhadap pemilihan profesi kaum milenial : Studi terhadap mahasiswa sosiologi angkatan 2016 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Dalam karyanya Scwab mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 yakni suatu kemajuan yang memperbaharui teknologi sebelumnya dan mampu memberdayakan serta merupakan sentralisasi dari kehidupan manusia sehingga mengikat ke karir, pola konsumsi, kegiatan privasi dan komunikasi, sehingga pengaruh besarnya amat terasa di zaman sekarang ini, karenanya penggunaan digitalisasi sangat menjamur dimana-mana serta peralihan media profesi menjadi lebih praktis. Pemilihan profesi yang dimaksud disini adalah ketika profesi jasa akan lebih diminati dari pada profesi non-jasa, layaknya sepertti Bell mengatakan di masyarakat post industry masyarakat akan memilih menjadi pekerja kerah putih (jasa) dari pada kerah biru (non-jasa). Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa besar tingkat pengetahuan mahasiswa/mahasiswi sosiologi Angkatan 2016 UIN Bandung mengenai revolusi industri 4.0. 2) seberapa Seberapa besar tingkat pengaruh dari revolusi industri 4.0 terhadap pemilihan profesi mahasiswa/mahasiswi sosiologi angkatan 2016 UIN Bandung. Teori yang digunakan adalah teori milik Daniel Bell mengenai masyarakat post industri. Yakni dimana revolusi industry 4.0 yang sudah termasuk didalamnya sehingga input nya adalah revolusi industry 4.0 yang akan berpengaruh pada output yaitu pemilihan profesi kaum milenial. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Dimana revolusi industry 4.0 sebagai (X) variable independen, lalu pemilihan profesi sebagai (Y) variable dependen. Sampel 67 orang dengan penyebaran angket sebagai bentuk penghimpun data. Uji t sebagai analisis hipotesis. Program SPSS 25 sebagai alat bantu hitung otomatis. Berdasarkan hasil dari keseluruhan yang sudah di teliti, penulis mendapatkan hasil bahwasannya nilai TCR diangka 83.% yang artinya besarnya tingkat pengetahuan mengenai revolusi industri 4.0 yang dimiliki oleh para mahasiswa jurusan sosiologi UIN Bandung ini termasuk kedalam kategori baik. Selanjutnya hasil dari koofisien determinasi diangka 30.6% menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari pada revolusi industri 4.0 terhadap pemilihan profesi dan masuk dalam kategori yang cukup. Adapun uji t sebagai analisis hipotesisnya yaitu nilai t_hitung = 5.351 sedangkan t_tabel = 1.996 artinya, t_hitung = 5.351 > t_tabel = 1.996 sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. H_1 memiliki arti adanya pengaruh signifikan dari pada revolusi industri 4.0 terhadap pemilihan profesi kaum milenial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Revolusi Industri 4.0; Pemilihan Profesi;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Fadhlurrahman Muhammad
Date Deposited: 03 Aug 2021 02:50
Last Modified: 03 Aug 2021 02:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41169

Actions (login required)

View Item View Item