Bimbingan agama Islam dengan teknik Coping untuk mengembangkan kemandirian anak di panti asuhan : Penelitian di Panti Asuhan Hasanah Kelurahan Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi

Nurfitriyani, Riska Febriyanti (2021) Bimbingan agama Islam dengan teknik Coping untuk mengembangkan kemandirian anak di panti asuhan : Penelitian di Panti Asuhan Hasanah Kelurahan Sukaraya Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Dalam setiap kehidupan, pastinya kemandirian menepati posisi yang paling penting dalam mewujudkan kepribadian anak. Faktor yang mempengaruhi kemandirian seseorang yaitu keluarga dan lingkungan yang menjadi penghambat untuk mengembangkan kemandirian pada anak. Oleh karena itu, adanya pembimbing dipanti asuhan sangat penting untuk membantu anak dengan cara membimbing agar dapat mengembangkan kemandiriannya. Panti asuhan hasanah ialah lembaga sosial yang memelihara anak baik anak tidak mampu maupun yang mampu dalam rangka untuk menyantuni dan membimbing anak yatim dan piatu serta dhuafa dengan tujuan untuk menjadikan anak panti mempunyai jiwa yang mandiri dan dapat bermanfaat untuk masyarakat dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (a) Program Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah ; (b) Pelaksanaan Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah dan ; (c) Hasil yang di capai dari Bimbingan Agama Islam Dengan Teknik Coping Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Hasanah Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara langsung dan wawancara tertulis melalui penyebaran angket, dan dokumentasi. Penelitian ini didasarkan pada konsep kemandirian sebagai suatu kekuatan internal individu yang diperoleh melalui proses individuasi berupa proses realisasi kedirian dan proses menuju kesempurnaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bimbingan agama Islam yang dilaksanakan di Panti Asuhan Hasanah dapat mengembangkan kemandirian anak dengan baik. Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan kemandirian pada anak, seperti bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan, dapat melaksanakan kegiatan tanpa diperintah, melakukan sesuatu atas dorongan diri sendiri, dan dapat mengontrol dirinya dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Coping; Kemandirian
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Riska Febriyanti Nur Fitriyani
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:41
Last Modified: 30 Jul 2021 04:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41154

Actions (login required)

View Item View Item