Bimbingan keagamaan melalui pembelajaran Alquran dalam meningkatkan semangat hidup lansia: Penelitian di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang

Fauziyah, Rifa (2021) Bimbingan keagamaan melalui pembelajaran Alquran dalam meningkatkan semangat hidup lansia: Penelitian di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan keagamaan merupakan sebuah usaha yang dilakukan oleh pembimbing di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal, agar para lansia di Desa Cimeuhmal dapat menjalankan kehidupan di sisa usianya dengan penuh manfaat sehingga mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. banyak lansia yang kehilangan semangat hidup, sehingga dengan adanya bimbingan keagamaan melalui pembelajaran Alquran dapat memberikan perubahan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan terhadap lanisa yang dilaksanakan di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal, 2) untuk mengetahui pesan-pesan bimbingan keagamaan terhadap lansia yang dilaksanakan di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal, 3) untuk mengetahui hasil bimbingan keagamaan terhadap lanisa yang dilaksanakan di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal. Penelitian ini didasarkan pada bahwa bimbingan merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan secara terus menerus kepada individu agar dapat memecahkan masalah yang dihadapinya sehingga mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Ditinjau dari sudut Islam, bimbingan bertujuan agar individu mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Sehingga dapat mencapai keselarasan hidup dunia dan akhirat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung serta wawancara kepada pihak bersangkutan, mulai dari pengurus Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal, pembimbinga keagamaan Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal, dan lansia yang mengikuti bimbingan keagamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bimbingan keagamaan melalui pembelajarab Alquran di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal dilaksanakan setiap hari rabu mulai pukul 08.00 s/d 11.20 WIB yang diawali dengan pembelajaran Alquran dengan berbagai metode kepada lansia, kemudian pemberian materi keagamaan. 2) pesan-pesan bimbingan keagamaan yang terkandung dalam proses bimbingan keagamaan melalui pembelajaran Alquran meliputi pesan akidah, pesan akhlak, dan pesan syari’ah, 3) hasil bimbingan keagamaan di Majlis Taklim Al-Munawwar Desa Cimeuhmal cukup mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil wawancara serta pengamatan peneliti, bahwasannya lansia yang awal mulanya memiliki semangat hidup rendah, mengalami perubahan yaitu memiliki semangat hidup dinamis dan lansia yang awalnya tidak bisa apa-apa menjadi bisa karena mengikuti bimbingan keagamaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Pembelajaran Alquran; Semangat Hidup; Lansia
Subjects: Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rifa Fauziyah
Date Deposited: 30 Jul 2021 01:57
Last Modified: 30 Jul 2021 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41149

Actions (login required)

View Item View Item