Pengaruh Free Cash Flow (FCF) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Summarecon Agung, Tbk periode 2010-2019

Nurulhuda, Nanda (2021) Pengaruh Free Cash Flow (FCF) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Summarecon Agung, Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu alasan investor menanamkan modalnya disuatu perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan berupa dividen. Dividen merupakan bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada investor, sedangkan Dividend Payout Ratio (DPR) adalah rasio yang digunakan untuk mengukur persentase laba yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Salah satu informasi penting dalam menentukan besaran Dividend Payout Ratio (DPR) pada suatu perusahaan adalah ukuran Free Cash Flow (FCF) dan Earning Per Share (EPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Free Cash Flow (FCF) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. Summarecon Agung, Tbk. baik secara parsial ataupun secara simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Summarecon Agung, Tbk periode 2010-2019. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan regresi berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment dan korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara Free Cash Flow (FCF) tidak bepengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 1,196 dan koefisien determinasi sebesar 15,2%. Secara parsial Earning Per Share (EPS) tidak bepengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 1,955 dan koefisien determinasi sebesar 32,3%. Kemudian secara simultan Free Cash Flow (FCF) dan Earning Per Share (EPS) terdapat pengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), hal ini ditunjukkan dengan nilai f hitung sebesar 5,904 dan koefisien determinasi sebesar 62,8% pada PT. Summarecon Agung, Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Free Cash Flow; Earning Per Share; Dividend Payout Ratio
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nanda Nurulhuda
Date Deposited: 30 Jul 2021 01:52
Last Modified: 30 Jul 2021 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41142

Actions (login required)

View Item View Item