Layanan bimbingan konseling Islam untuk meningkatkan Self Confidence penyandang disabilitas rungu : Penelitian di Sekolah Luar Biasa Negeri B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat Sumedang

Agustin, Nur Isnaini (2021) Layanan bimbingan konseling Islam untuk meningkatkan Self Confidence penyandang disabilitas rungu : Penelitian di Sekolah Luar Biasa Negeri B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penyandang disabilitas rungu tidak jauh berbeda dengan manusia normal lainnya, hanya saja mereka mengalami kekurangan atau kehilangan kemampuan dalam mendengar dalam kehidupan sehari-hari yang berdampak terhadap kehidupannya seperti kepercayaan diri (self confidence) individu tersebut. Dalam hal ini seorang konselor atau guru pembimbing dapat melaksanakan berbagai layanannya untuk mendukung meningkatkan kepercayaan diri penyandang disabilitas rungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, dan hasil dari layanan Bimbingan Konseling Islam untuk meningkatkan self confidence penyandang disabilitas rungu di SLBN B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan dan mendeskripsikan layanan Bimbingan Konseling Islam untuk meningkatkan self confidence penyandang disabilitas rungu di SLBN B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat Sumedang. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam meningkatkan self confidence penyandang disabilitas rungu di SLBN B Pembina Tingkat Provinsi Jawa Barat Sumedang menggunakan program layanan bimbingan konseling islam yang didukung oleh , proses, dan hasil. Layanan Bimbingan Konseling islam ini mengunakan program serta proses dengan menggunakan cara yang semaksimal mungkin agar dapat dipahami dan dipraktikan penyandang disabilitas rungu, seperti menggunakan bahasa isyarat, tulisan, gambar, video, dan praktik langsung. Hal ini bertuuan untuk mencapai hasil bimbingan konseling islam yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Self Confidence; Penyandang Disabilitas Rungu;
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nur Isnaini Agustin
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:37
Last Modified: 29 Jul 2021 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41133

Actions (login required)

View Item View Item