Penerapan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera

Nurmala Qori, Santi Aji and Hidayat, Ara and Maspupah, Meti (2017) Penerapan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Edmodo Berbasis Blended Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
My Research_Journal.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang memanfaatkan internet dalam dunia pendidikan terutama dalam media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis internet menawarkan pengalaman dan proses belajar yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Pembelajaran ideal di tandai dengan interaksi antara guru dengan siswa, terkait interaksi antara guru dengan siswa, persepsi siswa terhadap kemampuan guru dalam mengajar dan menggunakan sumber belajar seperti media pembelajaran dapat dijadikan bahan umpan balik terhadap kualitas mengajar dan kemampuan guru menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran berbasis internet adalah aplikasi Edmodo dengan proses pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, menganalisis hasil belajar kognitif siswa, serta membuktikan kelayakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning pada materi sistem indera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 MAN 1 Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan studi dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar validasi. Aktivitas guru dan siswa dengan menerapkan aplikasi Edmodo berbasis blended learning pada kelas XI MIPA 2 memperoleh persentase sebesar 97,33% untuk aktivitas guru dan 94,61% untuk aktivitas siswa, sedangkan pada kelas XI MIPA 1 memperoleh persentase sebesar 94,67% untuk aktivitas guru dan 89,93% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik untuk kedua kelas eksperimen tersebut. Hasil belajar dengan menerapkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning memperoleh rata-rata nilai posttest siswa XI MIPA 2 sebesar 84,33 dan XI MIPA 1 sebesar 81,22. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas XI MIPA 2 menunjukkan thitung > ttabel (23,62 > 1,99) dan pada kelas XI MIPA 1 nilai thitung > ttabel (15,06 > 1,99), maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji kelayakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning memperoleh persentase sebesar 77,5% dengan kriteria layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Edmodo berbasis blended learning dapat membantu hasil belajar siswa secara signifikan pada materi sistem indera

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa, aplikasi Edmodo, model blended learning, sistem indera
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:48
Last Modified: 01 Jan 2021 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4111

Actions (login required)

View Item View Item