Strategi media relations humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan

Adnin, Saffanah Djehan (2021) Strategi media relations humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Media massa merupakan sarana yang kerap digunakan oleh praktisi Public Relations dalam melaksanakan kegiatan komunikasi dengan publik – publiknya. Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung merupakan salah satu perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya menjalin sinergitas yang positif dengan pihak media massa untuk membangun reputasi sebagai perusahaan yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun hubungan yang harmonis dengan media massa menggunakan konsep strategi Media Relations dan Model Two-way Symmetric yang dikemukakan oleh Grunig, sehingga banyak media – media lokal yang memberikan pemberitaan yang memberikan dampak positif bagi perusahaan dalam membangun reputasi yang baik di mata publik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dari sudut pandang masyarakat atau cara seseorang dalam mengamati fenomena yang ada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme karena berusaha untuk memahami proses dan interaksi sosial yang terjadi antara praktisi Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dengan pihak media dengan mengkonstruksikan strategi Media Relations. Melalui pendekatan interpretatif penelitian ini dapat lebih menginterpretasikan data – data yang ada serta dapat menjelaskan bagaimana strategi Media Relations Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini diinterpretasikan menggunakan konsep strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara dengan membagikan strategi tersebut kedalam tiga tahapan, yaitu: 1) mengelola relasi, Humas Perumda Tirtawening membangun hubungan baik dengan pihak media dengan strategi membentuk tim media internal perusahaan, memilih dan memilah media yang tepat, dan melaksanakan program-program Media Relations. 2) mengembangkan strategi relasi dengan meningkatkan publisitas untuk meraih tujuan perusahaan. 3) mengembangkan jaringan, Humas Perumda Tirtawening Kota Bandung memanfaatkan relasi yang telah terjalin dengan melebarkan network-nya melalui strategi menjalin hubungan dengan organisasi profesi kewartawanan seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, dan organisasi kemasyarakatan seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan komunitas lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Two-way Symmetric; Perumda Tirtawening Kota Bandung
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Relation of The State of Organized Groups
General Management > General Publications of Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Saffanah Djehan Adnin
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:06
Last Modified: 05 Aug 2021 06:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41077

Actions (login required)

View Item View Item