Strategi manajemen media dalam mempertahankan eksistensi radio kampus : Studi kualitatif pada program Hits Sore 103.9 Hits Unikom Radio Bandung

Alimin, Kemal (2021) Strategi manajemen media dalam mempertahankan eksistensi radio kampus : Studi kualitatif pada program Hits Sore 103.9 Hits Unikom Radio Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi manajemen radio kampus dalam mempertahankan eksistensinya melalui sebuah produksi program Hits Sore di 103.9 Hits Unikom Radio Bandung. Pada pembahasan mengenai produksi di program Hits Sore meliputi tiga tahapan yakni tahapan perencanaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program. Maka dari itu penulis melakukan penelitian ini dalam upaya untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen media pada bagian pra produksi, produksi dan pasca produksi program Hits Sore di Hits Unikom Radio dalam upaya mempertahankan eksistensi radio kampus . Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif serta dibantu dengan pendekatan secara kontruktivis yang dilakukan langsung di Hits Unikom Radio Bandung. Proses pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi), wawancara dan dokumentasi data. Ketiga informan yang diwawancarai dipastikan orang yang terlibat secara langsung dalam produksi program Hits Sore di Hits Unikom Radio Bandung. Penelitian ini dibantu dengan menggunakan metode manajemen media oleh Morissan dan dibantu dengan fungsi manajemen POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry meliputi tahapan Planning, Organizing, Actuating dan Controlling. Hal tersebut dapat membantu dalam proses penelitian karena dirasa sesuai dengan tema pembahasan yang diambil sehingga peran manajemen media dalam hal ini sangat diutamakan dalam berjalanya program Hits Sore di Hits Unikom Radio yang telah direncakanan pada tahapan produksi. Selama proses penelitian yang dimulai pada 8 Februari 2021 hingga Maret 2021 dapat disimpulkan bahwa strategi Hits Unikom Radio dalam upaya mempertahankan eksistensi radio kampus melalui program Hits Sore terdiri dari beberapa tahapan. Pertama yaitu tahapan pra produksi yang meliputi perencanaan program, penentuan ide konten serta penyusunan naskah yang di pimpin langsung oleh seorang program director dan produser. Kedua, tahapan produksi yaitu proses berlangsungnya siaran program Hits Sore yang terbagi menjadi tiga yaitu pra on air, on air dan closing yang dibawakan langsung oleh seorang penyiar radio. Ketiga, tahapan pasca produksi antara lain sebagai tahap akhir dari rangkaian produksi program Hits Sore serta proses evaluasi setelah proses siaran selesai yang dilakukan secara berkala terhadap setiap individu dan divisi supaya manajer produksi dapat membandingkan kinerja yang telah dilaksanakan dengan kinerja yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi produksi; Radio Kampus; Manajemen Media
Subjects: Ontology
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Communications Telemunications > Radio Broadcasting
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Kemal Alimin
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:08
Last Modified: 05 Aug 2021 06:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41074

Actions (login required)

View Item View Item