Implementasi kebijakan petunjuk teknis dana bantuan operasional sekolah reguler di SMK Lugina Rancaekek Kabupaten Bandung tahun 2019

Wiranti, Dea (2021) Implementasi kebijakan petunjuk teknis dana bantuan operasional sekolah reguler di SMK Lugina Rancaekek Kabupaten Bandung tahun 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Pendidikan merupakan sebuah usaha yang sudah direncanakan supaya menciptakan keadaan belajar dalam pembelajaran peserta didik tersebut dengan aktif menunjukkan bakat dirinya supaya mempunyai ilmu kuat dalam agama, perilaku, kepintaran, akhlakul karimah, dan keahlian yang diperlukan untuknya dan disekitarnya. Oleh karena itu, pemerintah memberikan sebuah bantuan daitu Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta kebijakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Namun, pada kenyatannya di smk lugina ini para pelaksananya tidak mengimplementasikan dengan baik terutama mengenai sebuah laporan penggunaan dananya. Maka dari itu perlu dilakukan sebuah tindakan, yakni memaksimalkan sumber daya dan sikap dari para pelasana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sasaran kebijakan dari pengimplementasian kebijakan petunjuk teknis dana bos, mengetahui sumber daya dalam mengimplementasikan kebijakan petunjuk teknis dana bos, mengetahui kualitas hubungannya, mengetahui karakteristik lembaga dalam mengimplementasikan kebijakan petunjuk teknis dana bos, mengetahui lingkungan politik sosial dan ekonomi dengan diadakannya kebijakan petunjuk teknis dana bos dan dikap pelaksana dalam mengimplementasikan kebijakan. Penulis menggunakan teori implementasi kebijakan menurut Van Meter dan Van Horn dalam Sahya Anggara (2014), yang mana implementasi kebijakan ini memiliki 6 dimensi yaitu, sasaran kebijakan dan standar yang jelas, sumber daya, kualitas hubungan interorganisasional, karakteristik lembaga, lingkungan politik sosial ekonomi, dan disposisi/sikap pelaksana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui survei langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menurut Ulber Silalahi yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi kebijakan petunjuk teknis dana bos yang diterapkan di SMK Lugina Rancaekek Kabupaten Bandung sudah berjalan dengan cukup baik, tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Dengan adanya beberapa hal permasalahan yang ada pada pelaksanaannya yang disebabkan oleh sumber daya manusianya sehingga berdampak pada sasaran kebijakan dan sikap para pelaksana kebijakan yang akan mempengaruhi daripada kinerja guru di sekolah. Yang mana pekerjaan dalam membuat laporan pertanggungjawaban menjadi tidak sesuai dengan yang tercantum pada kebijakan, hal tersebut menjadikan kurangnya transparansi penggunaan anggaran dan keterlambatan penyaluran dana. ENGLISH : Education is an effort that has been planned in order to create learning conditions in the learning of these students by actively showing their talents so that they have strong knowledge in religion, behavior, intelligence, morality, and the skills needed for them and those around them. Therefore, the government provides assistance, namely School Operational Assistance (BOS) and the policy of the Minister of Education and Culture Regulation Number 18 of 2019 concerning Technical Guidelines for Regular School Operational Assistance Funds. However, in reality, at Lugina Vocational High School, the implementers do not implement it properly, especially regarding a report on the use of funds. Therefore, it is necessary to take an action, namely to maximize the resources and attitudes of the implementers. This study aims to determine the policy objectives of implementing the boss fund technical guidance policy, to find out the resources in implementing the boss fund technical guidance policy, to determine the quality of the relationship, to determine the characteristics of the institution in implementing the boss fund technical guidance policy, to know the social and economic political environment with the implementation of the policy technical guidelines for boss funds and the executor's cap in implementing policies. The author uses the theory of policy implementation according to Van Meter and Van Horn in Sahya Anggara (2014), in which the implementation of this policy has 6 dimensions, namely, clear policy goals and standards, resources, quality of interorganizational relations, institutional characteristics, socio-economic political environment, and disposition/attitude of the implementer. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. The type of data used is the type of qualitative data with primary and secondary data sources. Data collection techniques through direct surveys, interviews and documentation. The data analysis techniques used according to Ulber Silalahi are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study revealed that the implementation of the boss' fund technical guidance policy implemented at Lugina Rancaekek Vocational School, Bandung Regency had gone quite well, but there were still some things that needed to be improved. With the existence of several problems that exist in its implementation caused by human resources so that it has an impact on policy targets and the attitudes of policy implementers that will affect the performance of teachers in schools. Where the work in making accountability reports is not in accordance with what is stated in the policy, this causes a lack of transparency in the use of the budget and delays in disbursing funds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Petunjuk Teknis Dana Bantuan Operasional Sekolah Reguler;
Subjects: Public Administration
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: dea wiranti
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:55
Last Modified: 28 Jul 2021 05:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41054

Actions (login required)

View Item View Item