Implementasi Kebijakan Program Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kota Bandung: Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung)

Umah, Fauzhiatul (2021) Implementasi Kebijakan Program Pengembangan Destinasi Pariwisata di Kota Bandung: Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Kota Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat seharusnya destinasi pariwisatanya sudah maksimal, namun masih terdapat destinasi di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dalam salah satu programnya masih terdapat beberapa destinasi yang kurang dalam pengembangannya yaitu Kampung Wisata Pasir Kunci dan Museum Kota Bandung. Dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Bandung diharapkan bisa mengoptimalkan dan meningkatkan objek wisata melalui program pengembangan destinasi pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Implementasi Peraturan Daerah Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, juga lebih mendalami sejauh mana pelaksanaan kebijakan program pengembangan destinasi pariwisata di Kota Bandung yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan yang dihadapinya, sehingga mampu untuk mengevaluasi kinerja dan penentuan langkah yang tepat kedepannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan yang dikemukakan oleh Donald Van Metter dan Carl Van Metter dalam (Agustino, 2017: 133) dimana Implementasi Kebijakan dipengaruhi oleh enam variable yaitu: (1) Ukuran dan Tujuan Kebijakan, (2) Sumberdaya, (3) Karakteristik Agen Pelaksana, (4) Sikap atau Kecenderungan (Disposisi) Para Pelaksana, (5) Komunikasi Antar Organisasi dan Aktivitas Pelaksana, (6) Lingkungan Ekonomi, Sosial dan Politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang digunakan yaitu kualitatif deksriptif yang Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dokumentasi dan studi kepustakaan. Serta menggunakan Teknik analisis data model Cresswel. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam Implementasi Program Pengembangan Destinasi Pariwisata Kota Bandung secara umum belum optimal. Hal tersebut dikarenakan masih ditemukan beberapa permasalahan yaitu masih rendahnya kualitas dan profesionalisme bidang sumberdaya manusia, adanya hambatan dan kesalahfahaman dalam berkomunikasi dan kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh OPD dengan intansi lain yang terlibat dalam pelaksanaan program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Pariwisata; Destinasi;
Subjects: Public Policy Issues in Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Fauzhiatul Umah Puja
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:06
Last Modified: 28 Jul 2021 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41043

Actions (login required)

View Item View Item