Pengaruh efektivitas pemungutan pajak bumi dan bangunan terhadap realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan di Desa Gudang Kabupaten Sumedang

Putra, Aditia Dwi Cahya (2021) Pengaruh efektivitas pemungutan pajak bumi dan bangunan terhadap realisasi penerimaan pajak bumi dan bangunan di Desa Gudang Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan salah satu pendapatan bagi daerah, bahkan pajak memberi sumbangsih terbesar terhadap pendapatan asli daerah. Pajak bumi dan bangunan merupakan salah satu pajak daerah yang di kelola langsung oleh pemerintah daerah guna meningkatkan kualitas pembangunan di suatu daerah menjadi lebih meningkat dan meningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah. Meskipun PBB ini memiliki manfaat yang cukup penting gunan meningkatkan kualitas suatu pembangunan pada suatu daerah namun pada kenyataannya penerimaan PBB ini tidak selalu sesuai dengan apa yang ditargetkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori efektivitas dari hafid sebagai teori X dan teori penerimaan pajak dari Sahya Anggara sebagai teori Y. penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa pengaruhkan variable efektivitas dalam melakukan pungutan PBB ini teharap realisasi PBB di Desa Gudang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan model penelitian kuantitatif, jumlah populasi dalam penelitian ini yakni berjumlah 3217 orang dan menggunakan sample random sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dengan memakai skala likert dan juga dokumentasi intansi terkait. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik uji validitas dan uji reliabilitas dengan metode analisis regrei linier sederhana dan berganda. Uji hipoteisis menggunakan ujit, ujif, uji korelasi dam uji determinasi, data diolah dengan bantuan program Excel 20. Dari hasil uji hipotesis secara parsial didapat nilai kuantitas, kualitas dan waktu dimana nilai t hitung masing-masing bernilai 5,756, 7.477, 11,745 dimana nilai t hitung tersebut lebih besar dari t tabel 0,1984 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau bisa dikatakan terdapat pengaruh anatar variable secara parsial terhadap penerimaan pajak, sedangkan uji simultan dari variable efektivitas memperoleh nilai sebesar 48,278 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai f tabel yakni 2,698 artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh antara variable X dan variable Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: efektivitas; penerimaan pajak bumi dan bangunan
Subjects: Public Finance
Public Finance > Taxes and Taxation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Aditia Dwicahya Putra
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:56
Last Modified: 27 Jul 2021 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/41003

Actions (login required)

View Item View Item