Pengaruh penempatan dana pada bank lain dan surat berharga terhadap total aktiva pada PT Bank Victoria Syariah Tbk periode 2014-2019

Maimuroh, Haniatun (2021) Pengaruh penempatan dana pada bank lain dan surat berharga terhadap total aktiva pada PT Bank Victoria Syariah Tbk periode 2014-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan antar bank semakin ketat sehingga menjadi tugas perbankan syariah untuk lebih meningkatkan usaha dan kegiatan operasionalnya dengan melalui penghimpunan, pendanaan, maupun jasa. Bank dalam mengatasi kelebihan likuiditas akan menyalurkan likuiditas tersebut ke dalam aktiva yang bisa menghasilkan keuntungan. Salah satunya yaitu aktiva produktif pada perbankan syariah adalah penyaluran dana pada bank lain dalam bentuk penempatan dana pada bank lain. Aktiva produktif lainnya yang bisa menghasilkan keuntungan adalah surat berharga. Penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh penempatan dana pada bank lain dan surat berharga terhadap total aktiva pada PT.Bank Victoria Syariah. Pengaruh penempatan dana pada bank lain terhadap total aktiva secara parsial dan pengaruh surat berharga terhadap total aktiva secara parsial. Mengetahui dan menganalisa pengaruh penempatan dana pada bank lain dan surat berharga terhadap total aktiva secara simultan. Penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif berdasarkan metode statistik untuk menguji hipotesis. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan analisis regresi linear sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi, serta uji t dan uji f. Menganalisa data yang berasal dari laporan keuangan triwulan pada PT. Bank Victoria Syariah periode 2014-2019 dengan perhitungan secara manual dan menggunakan aplikasi program SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pengaruh penempatan dana pada bank lain terhadap total aktiva secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan dalam regresi linear sederhana diperoleh nilai sebesar -0,063, nilai korelasi sederhana sebesar -0,150, nilai koefisien determinasi sebesar 0,022, serta hasil thitung<ttabel (-0,711<2,074). Kedua, pengaruh surat berharga terhadap total aktiva secara parsial berpengaruh positif signifikan dalam regresi linear sederhana diperoleh nilai sebesar 0,397, nilai korelasi sederhana sebesar 0,954, nilai koefisien determinasi sebesar 0,910, serta hasil thitung>ttabel (14,938>2,074). Ketiga, pengaruh penempatan dana pada bank lain dan surat berharga terhadap total aktiva secarasimultan berpengaruh signifikan, untuk nilai keofisien b1 dan b2 sebesar 0,047 dan 0,410 dalam regresi linear berganda, nilai korelasi berganda sebesar 0,960, nilai koefisien determinasi berganda sebesar 0,922, serta hasil Fhitung>Ftabel (12,751>3,47.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penempatan Dana Pada Bank Lain; Surat Berharga; Total Aktiva
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Haniatun Maimuroh
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:59
Last Modified: 27 Jul 2021 01:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40990

Actions (login required)

View Item View Item