Implementasi jurnalisme profetik pada jurnalis muslim : Studi fenomenologi terhadap wartawan harian Republika Jawa Barat

Nurjannah, Sarah (2021) Implementasi jurnalisme profetik pada jurnalis muslim : Studi fenomenologi terhadap wartawan harian Republika Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (908kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy

Abstract

Jurnalistik sejatinya merupakan kebutuhan bagi masyarakat, mengingat saat ini dunia seiring perkembangannya sudah memasuki era digital dan teknologi sehingga masyarakat kini mencari informasi sebagai kebutuhan baru untuk keberlangsungan kehidupan sosialnya. Jurnalis atau wartawan yang bergerak mencari berita berupaya agar pemberitaan yang dilakukannya dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Dalam lingkup jurnalisme profetik diyakini sebagai konsep baru jurnalistik dengan mengkampanyekan akhlak-akhlak yang dicontohkanpara nabi dan rasul seperti shiddiq (benar), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan fakta), dan fathanah (kecerdasan insan pers) tentunya dapat diimplementasikan oleh para jurnalis muslim maupun non-muslim sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui implementasi unsur-unsur akhlak kenabian dalam jurnalisme profetik yang dilakukan oleh wartawan Harian Republika perwakilan Jawa Barat selama melaksanakan kegiatan jurnalistik. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schultz. Teori ini bertujuan untuk mencari artian dan pemahaman manusia mengenai konstruksi makna serta konsep-konsep jurnalisme profetik berdasarkan fenomena atau pengalamannya dalam kegiatan jurnalistik. Pengkajian dalam penelitian ini dimaksudkan kedalam pengkajian historis sebagai salah satu bentuk data penelitian berdasarkan sudut pandang responden sebagai subyek penelitian. Adapun pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode fenomenologi. Hasil dari temuan diuraikan menjadi empat bagian, yakni implementasi akhlak shiddiq, implementasi akhlak amanah, implementasi akhlak tabligh, dan implementasi akhlak fathanah sebagai unsur akhlak kenabian dalam jurnalisme profetik. Shiddiq diimplementasikan dengan berbuat jujur dalam menjalankan rangkaian kegiatan jurnalistik agar apa yang disampaikan kepada publik adalah sebuah fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Amanah diimplementasikan dan dipahami sebagai menjaga integritas dengan selalu melakukan verifikasi suatu berita sebelum menyebarluaskannya kepada publik. Tabligh diimplementasikan dan dipahami sebagai menyampaikan fakta kepada publik dengan menyampaikan hal yang berkaitan erat dengan kepentingan publik secara professional agar pemberitaan yang dilakukan adalah berita yang jelas, berkualitas dan bukanlah bias. Sementara fathanah diimplementasikan dan dipahami sebagai kecerdasan insan pers dengan memperluas wawasan jurnalis serta bijaksana dalam menghadapi segala situasi ketika dilapangan sehingga dalam kegiatan jurnalistiknya dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi masyarakat dan dirinya sebagai ibadah di hadapan Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Profetik; Akhlak Kenabian; Wartawan; Kegiatan Jurnalistik
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Islam
Islam > Islam and Politics, Fundamentalism
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Sarah Nurjannah
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:04
Last Modified: 27 Jul 2021 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40972

Actions (login required)

View Item View Item