Bimbingan agama islam dengan metode tahfidz al-quran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di SMP Plus Boarding School Ar-rahmat Cileunyi

Krisnadianti, Mely Anisah (2021) Bimbingan agama islam dengan metode tahfidz al-quran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di SMP Plus Boarding School Ar-rahmat Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena rendahnya kontrol diri remaja yang ditandai dengan perilaku menyimpang seperti seks bebas, tawuran, penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja lainnya, merupakan indikasi rendahnya kecerdasan spiritual yang dimiliki remaja. Kecerdasan spiritual merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh remaja menyimpang. Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk membantu meningkatkan kecerdasan spiritual remaja. SMP Boarding School Ar-rahmat Cileunyi Bandung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan program bimbingan tahfidz Al-Quran, sebagai upaya pembentukan kecerdasan spiritual bagi setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses pelaksanaan, dan hasil bimbingan tahfidz Al-Quran untuk meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di SMP Boarding School Ar-rahmat Cileunyi Bandung. Konsep pemikiran bahwa tahfidz Al-Quran mampu meningkatkan kecerdasan spiritual individu, mendasari dilakukannya penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa program bimbingan tahfidz Al-Quran yang ada di SMP Boarding School Ar-rahmat yaitu diantaranya, program One Day One Ayat, bimbingan tahfidz Al-Quran, bimbingan tahsin dan tajwid telah terlaksana dengan baik, proses pelaksanaan bimbingan tahfidz Al-Quran di SMP Boarding School Ar-rahmat meliputi beberapa tahapan yaitu tahap awal/pembukaan, tahap pertengahan, dan tahap akhir/penutup. Semua tahapan-tahapan tersebut telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan dari setiap tahapannya, dan hasil dari kegiatan bimbingan tahfidz Al-Quran di SMP Boarding School Ar-rahmat Cileunyi Bandung dapat meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; tahfidz al-quran; kecerdasan spiritual
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mely Anisah Krisnadianti
Date Deposited: 02 Aug 2021 00:32
Last Modified: 02 Aug 2021 00:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40918

Actions (login required)

View Item View Item