Implementasi manajemen pondok pesantren pada program kewirausahaan santri : Penelitian di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara Serang Banten

Yanti, Siti Dewi (2021) Implementasi manajemen pondok pesantren pada program kewirausahaan santri : Penelitian di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara Serang Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren merupakan suatu tempat implementasi yang tepat bagi pertumbuham kepribadian dan moralitas seorang anak didik atau santri, pesantren pula tidak hanya sebagai tempat untuk belajar ilmu akademik meliputi pengetahuan ilmu agama salah satunya, akan tetapi dimasa zaman modern saat ini pondok pesantren memiliki kontribusi besar dalam menciptakan para kader santri yang berkualitas dalam mengadapi segala aspek permasalahan dimasyarakat, diantaranya santri harus mampu berkontribusi dimasyarakat dengan membantu aspek tatanan perekonomian. Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara adalah satu diantara banyak pesantren yang memiliki perhatihan di bidang ekonomi, khususnya pada program kewirausahaan santri. Di pesantren ini terdapat berbagai program yang melatih para santri agar bisa menjadi kader santri yang mandiri didunia kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan dalam meningkatkan program kewirausahaan santri di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara-Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang implementasi manajemen pondok pesantren pada program kewirausahaan santri. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara kepada pihak-pihak pengelola Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan program kewirausahaan santri di Pesantren An-Nawawi Tanara telah berjalan dengan baik dalam aspek perencanaan, santri dikenalkan dengan unit-unit kewirausahaan yang akan di kelola di pondok pesantren An-Nawawi Tanara diantaranya: Koperasi santri, bakery roti santri, peternakan lele dan unit bank wakaf mikro. Selain itu, pengorganisasian yang dilakukan meliputi pembagian kerja pengurus dan pembagian tugas ke dalam sebuah struktural, serta penempatan kerja sesuai keahlian yang dimiliki santri. Pengarahan yang dilakukan meliputi kegiatan pengajian di malam hari dalam memberikan nasihat dan arahan kepada para santri, serta kegiatan pelatihan bagi para santri. Pengawasan yang dilakukan meliputi kegiatan pemantauan langsung ke lapangan yang dilakukan pemimpin atau pengurus pesantren, serta pantauan tidak langsung melalui kegiatan rapat evaluasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara telah mengimplementasikan manajemen pondok pesantren dengan baik dari mulai perencanaan sampai dengan pengawasan dari program dan kegiatan sebagai salah satu cara meningkatkan program kewirausahaan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pondok Pesantren; Kewirausahaan;
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Dewi Yanti
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:47
Last Modified: 27 Jul 2021 04:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40916

Actions (login required)

View Item View Item