Modal sosial sebagai penguat sosial ekonomi desa : Studi di BUMDes Sumber Sejahtera Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung

Azzahra, Rizkita Wulandari Nurfatimah (2021) Modal sosial sebagai penguat sosial ekonomi desa : Studi di BUMDes Sumber Sejahtera Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari keresahan masyarakat yang tinggal di salah satu Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka. Keresahan masyarakat tersebut terjadi karena adanya beberapa renternir dan bank keliling yang berdatangan ke Desa Nagrog. Berangkat dari persoalan tersebut, Kepala Desa Nagrog mencari solusi dan mengarahkan kepada salah satu warga Desa Nagrog agar dibuatkan Usaha Simpan Pinjam. Kemudian, Desa Nagrog terpilih menjadi salah satu desa peradaban di Provinsi Jawa Barat, dan mendapatkan sejumlah bantuan, yang kemudian diarahkan oleh Kepala Desa Nagrog, agar bantuan tersebut dialokasikan sebagian untuk pendirian BUMDes, dengan unit usaha pertamanya adalah Unit Simpan Pinjam Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran BUMDes Sumber Sejahtera Desa Nagrog, dan mengetahui bagaimana BUMDes Sumber Sejahtera tersebut dapat berkembang sedangkan dibeberapa penelitian diberbagai wilayah di Indonesia, tidak berkembang. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah Teori Modal Sosial. Teori ini memusatkan perhatiannya kepada unsur – unsur yang berkaitan dengan aspek sosial, seperti nilai dan norma, kepercayaan (saling percaya), jaringan, serta komunikasi untuk dapat menyampaikan suatu informasi. Teori ini berusaha menerangkan sebuah modal yang menyangkut aspek sosial kehidupan yang mendorong masyarakat untuk bekerjasama secara efektif demi mencapai tujuan bersama. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan penelitian kuantitatif atau dikenal dengan metode penelitian campuran. Dalam penelitian ini, penulis memusatkan perhatian pada penerapan teoritis dan realitas dilapangan, dilakukan dengan cara menggambarkan fakta – fakta yang diselidiki secara sistematis, dan dengan pendekatan secara khusus kepada masyarakat. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan modal sosial pada BUMDes dan dimastarakat Desa Nagrog dapat dikatakan. BUMDes sangat memberdayakan masyarakat Desa Nagrog, hubungan antara Warga Desa Nagrog dengan pengurus BUMDes nya pun terjalin dengan baik, mereka saling mendukung satu sama lain. Hubungan diantara pengurus dengan pengurus juga saling mendukung, saling mendorong demi tercapainya tujuan bersama. Majunya BUMDes ini dapat terjadi karena unsur – unsur modal sosialnya berjalan. Perangkat Desa Nagrog dengan pihak BUMDesnya juga saling mendukung, perangkat Desa Nagrog. Pada penelitian ini juga ditemukan bahwa modal sosial yang terjalin di Desa Nagrog beserta BUMDesnya, sejalan dengan teoritisnya, justru masyarakat dan BUMDesnya memiliki keterbukaan baik dari sisi individualnya, maupun sisi manajemennya, namun dengan tidak mengenyampingkan nilai kebersamaan masyarakat yang telah diterapkan sejak lama di Desa Nagrog.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial;BUMDes;Masyarakat Desa
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rizkita Wulandari Nurfatimah Azzahra
Date Deposited: 26 Jul 2021 01:57
Last Modified: 26 Jul 2021 01:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40885

Actions (login required)

View Item View Item