Manajemen pendistribusian dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bedah Rutilahu : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi

Nurfitriani, Wulan (2021) Manajemen pendistribusian dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bedah Rutilahu : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, BAZNAS Kota Bekasi sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat yang menerapkan manajemen dalam pendistribusian dana zakat melalui program Bedah Rutilahu, guna mensejahterakan masyarakat dengan mengembalikan fungsi dan kualitas tempat tinggal ashnaf miskin menjadi lebih layak huni. Hingga saat ini, adanya program Bedah Rutilahu memiliki peran yang sangat penting, sehingga perlahan masyarakat Kota Bekasi ini dapat sejahtera dalam memenuhi kebutuhan dasar rumahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dari pendistribusian dana zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bedah Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni). Teori yang dipilih dalam penelitian ini yaitu dengan teori Fungsi Manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) yang dikemukakan oleh G. R. Terry dalam buku Asas Manajemen yang ditulis oleh Usman Effendi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan, menggambarkan dan menjelaskan data-data secara menyeluruh, luas dan mendalam melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen pendistribusian dana zakat yang diterapkan BAZNAS Kota Bekasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Bedah Rutilahu, yaitu dengan perencanaan yang sudah tersusun dengan baik dan sistematis. Pelaksanaan pendistribusian yang terdiri dari beberapa cara pimpinan dalam memberikan pengarahan, seperti pemberian orientasi, memberikan perintah, serta mendelegasikan wewenang pada bawahannya sehingga pelaksanaan program berhasil berjalan dengan baik. Pengawasan yang dilakukan BAZNAS Kota Bekasi secara langsung dan tidak langsung sehingga berjalan secara efektif. Jadi, BAZNAS Kota Bekasi dalam mengimplementasikan fungsi manajemen sudah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendistribusian; Zakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Wulan Nurfitriany
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:11
Last Modified: 26 Jul 2021 03:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40882

Actions (login required)

View Item View Item