Manajemen strategi pemberdayaan mahasiswa program 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana dalam meningkatkan pendidikan di Kota Bekasi: Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi

Ananta, Rendra Samba (2021) Manajemen strategi pemberdayaan mahasiswa program 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana dalam meningkatkan pendidikan di Kota Bekasi: Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya untuk memutus rantai kemiskinan, BAZNAS Kota Bekasi menganggap bahwa pendidikan adalah elemen yang sangat penting. Sehingga, dalam pendistribusian dana zakatnya terdapat dalam bentuk yang sifatnya produktif yaitu pendidikan. Maka dari itu, BAZNAS Kota Bekasi merupakan lembaga amil zakat yang menerapkan manajemen strategi dalam pemberdayaan program Bekasi Cerdas, yaitu program mahasiswa 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana melalui adanya pemberdayaan terhadap mahasiswa-mahasiswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen strategi yang terdiri dari perumusan strategi, implementasi strategi, evaluasi strategi dalam pemberdayaan mahasiswa program 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana. Teori yang dipilih dalam penelitian ini adalah teori manajemen strategi menurut Fred R. David yang terdiri atas tiga proses yaitu: (1) perumusan strategi, (2) implementasi strategi, (3) evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tujuan untuk memaparkan serta menggambarkan secara menyeluruh, luas dan mendalam dengan melalui ovservasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan mengumpulkan data dari hasil observasi, kemudian direduksi data, ditafsirkan dan digabungkan untuk dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi yang terdapat pada pemberdayaan mahasiswa program 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana terdiri atas tiga proses yaitu perumusan strategi berupa pengembangan visi misi yang disertai dengan analisis lingkungan baik secara internal maupun eksternal, tujuan dan sasaran, strategi dan penetapan kebijakan. Selanjutnya mengimplementasikan strategi dalam bentuk program-program adengan dibantu dengan anggaran-anggaran serta beberapa prosedur dalam pengimplementasian tersebut. Evaluasi strategi, terdapat evaluasi persemester dan pertahun sebagai bentuk evaluasi maupun perbaikan. Tiga proses ini dalam pelaksaan proses manajemen strategi telah berjalan dengan berhasil. Oleh karena itu, hingga saat ini program mahasiswa 1 Rumah Dhuafa 1 Sarjana telah memberikan peran dan kontribusi yang sangat penting pada pemberdayaan mahasiswa tersebut dalam memutus mata rantai kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Pemberdayaan; Dhuafa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rendra Samba Ananta
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:49
Last Modified: 26 Jul 2021 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40878

Actions (login required)

View Item View Item