Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan BOPO terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di BEI Periode 2015-2019

Lissetiawan, Dytia Nanda (2021) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan BOPO terhadap Return On Assets (ROA) : Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di BEI Periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Bank sebagai lembaga keuangan yang perannya paling dominan perlu menjaga tingkat pengembalian atas asetnya dengan memaksimalkan return sebagai bentuk kepercayaan dan juga ekspansi usahanya. Sehingga aspek-aspek yang dapat mempengaruhi Return On Assets harus diperhatikan dengan menilai kesehatan bank menggunakan analisis CAMELS. Nilai dari rasio Return On Assets yang berfluktuasi salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kesehatan perbankan. Apabila bank yang bersangkutan memiliki tingkat kesehatan yang baik maka semakin meningkat Return On Assets bank tersebut. (Nurraj, 2018). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CAR, NPL, LDR dan BOPO terhadap ROA baik secara parsial maupun simultan pada objek Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data panel dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan model Common Effect, uji hipotesis secara parsial (Uji t), uji signifikansi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi dengan tingkat signifikansi 0.05. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa Non Performing Loan tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets, dan BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return On Assets. Sedangkan Capital Adequacy Ratio, dan Loan to Deposit Ratio tidak berpengaruh terhadap Return On Assets. Secara simultan variabel CAR, NPL, LDR dan BOPO berpengaruh terhadap Return On Assets. Besarnya hubungan variasi variabel independen dalam menjelaskan variabel dependennya berdasarkan nilai R2 sebesar 96,91% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio;Non Performing Loan;Loan to Deposit Ratio;BOPO;Return On Assets (ROA).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dytia Nanda Lissetiawan
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:09
Last Modified: 23 Jul 2021 07:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40863

Actions (login required)

View Item View Item