Implementasi strategi media interaktif pembelajaran Al-Wuran hadits yang menyenangkan pada masa covid 19 : Penelitian deskriptif pada kelas VII MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang Kec. Soreang Kab. Bandung

Maryam, Wulan Sari (2021) Implementasi strategi media interaktif pembelajaran Al-Wuran hadits yang menyenangkan pada masa covid 19 : Penelitian deskriptif pada kelas VII MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang Kec. Soreang Kab. Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari studi pendahuluan yang penulis lakukan di MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang melalui kegiatan observasi dan wawancara, bahwasannya kegiatan pembelajaran yang sudah berlangsung selama masa covid 19 memberikan dampak yang pasif bagi siswa karena kegiatan yang dilakukan di rumah masing-masing secara online, hal tersebut menyebabkan kesulitan dalam pencapaian tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang hanya berjalan satu arah saja yaitu dengan hanya pemberian tugas melalui googleclasroom yang disambung dengan siswa mengumpulkannya ke halaman tugas, siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran online, siswa yang merasa bahwa sekolah itu libur selama masa pandemi covid 19, kemudian hanya beberapa orang saja yang mengumpulkan tugas sekolah hingga siswa meremehkan tugas-tugas yang guru berikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas Pembelajaran Al-Qurán Hadits Sebelum Penerapan Strategi Media Interaktif Pada MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang, (2) Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Penerapan Strategi Media Interaktif Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Masa Covid 19 Pada MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang, (3) Penerapan Strategi Media Interaktif Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Masa Covid 19 Pada MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang. Penerapan strategi media interaktif merupakan cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan mata pelajaran Al-Qurán Hadits di masa pandemi covid 19 ini diharapkan mampu membangkitkan keaktifan belajar pada peserta didik, karena seperti yang sudah diketahui bahwasannya kegiatan belajar mengalami dampak yang buruk akibat pandemi tersebut sedangkan dalam kegiatan pembelajaran Al-Qurán Hadits membutuhkan interaksi antara guru dengan siswa secara langsung untuk mempraktikan cara membaca ayat Al-Qurán dan Hadits dengan benar yang dituntun oleh guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menampilkan hasil data apa adanya secara akurat tanpa dibuat manipulasi. Serta dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasasarkan hasil penelitian bahwasannya menunjukan : (1) Realitas pembelajaran Al-Qurán Hadits di kelas VII MTs. Darul Ihsan YUPPI Soreang sebelum diterapkannya strategi media interaktif guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran begitu pasif menjadi cukup aktif setelah penerapan strategi media interaktif, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi media interaktifnya berasal dari faktor internal dan eksternal, (3) Penerapan strategi media interaktif yang telah dilaksanakan selama masa covid 19 mampu menghasilkan kegiatan pembelajaran yang cukup menyenangkan pada mata pelajaran Al’Qurán Hadits di kelas VII. Hasil yang bisa dilihat jelas yaitu melalui respon peserta didik selama kegiatan pembelajaran online dari sebelum dan sesudah penggunaan googlemeeting. Respon yang ditunjukan melalui aktifitas saat belajar dan dari wawancara serta dari ketaatan siswa mengirimkan tugasnya kepada guru mapel qurdits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Strategi Pembelajaran; Media Interaktif; Covid 19;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wulan Sari Maryam
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:30
Last Modified: 26 Jul 2021 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40858

Actions (login required)

View Item View Item