Perbandingan kinerja keuangan dan kinerja saham sebelum dan sesudah perusahaan Right Issue : Studi pada Sektor Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018

Lestari, Dina Anggi (2021) Perbandingan kinerja keuangan dan kinerja saham sebelum dan sesudah perusahaan Right Issue : Studi pada Sektor Industri Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Right Issue merupakan salah satu instrumen saham yang terdaftar di pasar modal, atau lebih dikenal dengan Hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) merupakan cara yang dilakukan perusahaan dalam menambah modal perusahaan dengan mengeluarkan saham baru setelah perusahaan melakukan IPO (Initial Public Offering) atau penawaran perdana kepada masyarakat. Right issue dikeluarkan dengan penawaran kepada pemegang saham lama terlebih dahulu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui terdapat perbandingan kinerja keuangan dan kinerja saham sebelum dan sesudah perusahaan right issue pada sektor industri manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengukuran dua tahun sebelum perusahaan right issue dengan dua tahun sesudah perusahaan right issue untuk variabel kinerja keuangan dan kinerja saham, kemudian empat belas hari sebelum right issue dan empat belas hari sesudah right issue untuk mengetahui terdapat kandungan informasi dalam right issue dengan menggunakan variabel rata-rata harga saham dan rata-rata volume perdagangan. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dan studi peristiwa dengan menggunakan uji paired sample t-Test dan uji Wilcoxon Sign Rank Test menggunakan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari uji paired sample t-tests pada rasio net profit margin dengan nilai sig. (2-tailed) lebih besar dari nilai signifikasi 0,05 [0,837>0,05], pada total assets turnover dengan nilai sig. (2-tailed) lebih besar dari nilai signifikasi 0,05 [0,115>0,05], earning pershare dengan nilai sig. (2-tailed) lebih besar dari nilai signifikasi 0,05 [0,887>0,05] yang artinya tidak terdapat perbedaan sebelum dan sesudah perusahaan right issue. Dan rata-rata harga saham dengan nilai sig. (2-tailed) lebih besar dari nilai signifikasi 0,05 [0,783>0,05] yang artinya tidak terdapat kandungan informasi di dalam right issue. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test pada current ratio dengan nilai asym. Sign (2-tailed) lebih besar dari tingat signifikasi 0,05 [0,575>0,005], pada debt to equity ratio dengan nilai asym. Sign (2-tailed) lebih besar dari tingat signifikasi 0,05 [0,401>0,005] dimana tidak terdapat perbedaan sebelum dan sesudah perusahaan right issue. Dan rata-rata volume perdagangan dengan nilai Asym.sig (2-tailed) lebih besar dari nilai signifikansi 0,05 [0,093>0,05] yang menyatakan tidak terdapat kandungan informasi didalam right issue. Dengan kesimpulan perusahaan yang melakukan right issue tidak meningkatkan kinerja keuangan dan kinerja saham perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: right issue; kinerja keuangan; kinerja saham
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Dina Anggi Lestari
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:40
Last Modified: 23 Jul 2021 07:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40851

Actions (login required)

View Item View Item