Krisis moralitas remaja pecandu narkoba analisis filsafat moral immanuel kant pada remaja di RT 006 RW 009 Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara

Maulana, Nezard Rauf (2021) Krisis moralitas remaja pecandu narkoba analisis filsafat moral immanuel kant pada remaja di RT 006 RW 009 Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
9_DaftarPustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Krisis moralitas di kalangan remaja pecandu narkoba, bukan semata problematika internal. Ada pula faktor eksternal yang layak dicermati. Krisis moral terkait narkoba ini bukanlah hal yang sepele, selain mengancam dan membahayakan remaja juga berdampak pada kita sebagai umat sekaligus bangsa. Narkotika, Psikotropia dan Zat adiktif (Narkoba), memiliki dampak yang buruk selain pada kesehatan, lebih-lebih terhadap moral. Dampak dari pemakaian narkoba adalah dehidrasi, halusinasi, menurunnya tingkat kesadaran, gangguan kualitas hidup, ketergantungan bahkan kematian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Krisis Moralitas Remaja Pecandu Narkoba. Dengan metode penelitian kualitatif studi kasus yang menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi dengan study kasus pada remaja pecandu narkoba di RT 006 RW 009, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta yang dianalisa menggunakan perspektif filsafat moral Immanuel Kant. di RT 006, RW 009, sungai bambu kecamatan tanjung priok kota Administrasi Jakarta Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa remaja pecandu narkoba dilatarbelakangi beberapa faktor: masalah pribadi, masalah keluarga dan masalah ekonomi serta faktor gaya hidup, seperti pergaulan bebas bersama teman-teman sekitarnya. Dalam perspektif Immanuel Kant, krisis moralitas pada remaja pecandu narkoba melahirkan sikap-sikap buruk, seperti menolak hati nuraninya, dimana hati nurani manusia sebagai kewajiban yang mutlak pada hidupnya. Menolak kebebasan atau kehendak yang objektif, sehingga mereka tidak merasakan adanya kebahagiaan dalam hidup. Akibatnya, timbul tingkah laku menyimpang, abnormal, deviasi, yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip moralitas. Menjadi pribadi yang mudah bersalah dan menyalahi ajaran-ajaran agama yang diyakini, serta menyalahi hukum/norma yang berlaku di lingkup keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Krisis Moralitas, Remaja, Narkoba
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Ethics, Moral Philosophy > Philosopy and Theory of Ethics
Ethics of Social Relations
Medieval Western Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Nezard Rauf Maulana
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:41
Last Modified: 23 Jul 2021 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40844

Actions (login required)

View Item View Item