Motivasi belajar masyarakat untuk mengikuti sekolah paket c setara pendidikan SMA : Penelitian di Yayasan PKBM Imam Syafe’i Bandung.

Iskandar, Rinny (2021) Motivasi belajar masyarakat untuk mengikuti sekolah paket c setara pendidikan SMA : Penelitian di Yayasan PKBM Imam Syafe’i Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi setiap umat manusia, namun banyak diantara beberapa orang yang mengalami putus sekolah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dan sebab yang berbeda dari masing-masing orang yang mengalaminya. Kejadian putus sekolah ini perlu dikaji dan analisis berdasarkan prespektif sosiologis, mulai dari keadaan lingkungan, latar belakang putus sekolah dan faktor pendorong seseorang yang telah putus sekolah itu untuk mengikuti sekolah paket. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui beberapa point penting terkait masyarakat yang putus sekolah dari sudut pandang sosiologis serta menawarkan juga solusi kepada beberapa pihak yang terkait berdasarkan sudut pandang sosiologi. Penelitian ini pula mengacu kepada teori dan kajian sosiologi pendidikan secara besar serta dengan mengaitkannya pada teori fakta sosial yang telah di kemukakan oleh Emile Durkhem. Hasil dari penelitian ini, ialah: 1) lingkungan masyarakat putus sekolah tidak bisa dipukul rata dan hanya di pandang secara sekilas, melainkan diperlukan analisis lebih lanjut untuk dapat memutuskan hasilnya. Lingkungan dari masyarakat putus sekolah ini tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi saja, melainkan banyak faktor lain nya yang cukup memengaruhi seperti kurang dukungan dari lingkungan pertemanan dan keluarga. Walau sebagian besar masyarakat putus sekolah memang cukup banyak dipengaruhi oleh faktor ekonomi. 2) faktor pendorong dari masyarakat putus sekolah untuk mengikuti sekolah paket ini ialah disebabkan karena kebutuhan dari masing-masing individu untuk memiliki ijazah guna sebagai bukti bahwa telah menyelesaikan beberapa jenjang pendidikan dan bentuk dari ijazah tersebut tentu akan di pergunakan dan sangat membantu masyarakat putus sekolah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dalam kalangan masyarakat. 3) motivasi belajar masyarakat putus sekolah ini terbilang cukup baik dan antusias akan setiap metode dan materi yang di berikan oleh pihak yayasan PKBM Imam Syafe'i. Terlepas dari motivasi belajar secara aplikatif, ternyata ada suatu hal besar yang sangat memotivasi masyarakat putus sekolah ini untuk dapat mengikuti sekolah paket ini, ialah karena yayasan PKBM Imam Syafe'i memberikan pendidikan sekolah paket C atau bahkan sekolah pakef A, B dan C secara gratis kepada masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Putus Sekolah; Paket C; SMA;
Subjects: Social Groups
Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rinny Iskandar
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:33
Last Modified: 23 Jul 2021 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40828

Actions (login required)

View Item View Item