Nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi diri: Analisis isi dalam buku Unlimited You karya Wirda Mansur

Nurfadiilah, Syifa (2021) Nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi diri: Analisis isi dalam buku Unlimited You karya Wirda Mansur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Buku Unlimited You merupakan salah satu buku karya dari Wirda Mansur dan suatu buku pengembangan diri yang memfokuskan kepada penggalian potensi serta motivasi diri dengan isi pengalaman hidup Wirda Mansur sebagai contoh dalam memberikan gambaran untuk mengatasi permasalahan maupun kegagalan. Hal ini membuat pembaca dapat mengambil pelajaran yang bisa meningkatkan potensi, kemampuan, serta motivasi dalam diri agar menjadi lebih baik lagi dalam melakukan segala bentuk aktualisasi diri yang berkaitan dengan karir, cita-cita, dan segala hal dalam kehidupan. Hal ini sedikitnya dapat mengurangi rasa putus asa yang dihadapi oleh semua orang khususnya kaum muda dalam meraih mimpinya. Dilakukan dengan cara bimbingan dan konseling Islam agar mampu mengembalikan individu kembali kepada fitrahnya sesuai dengan ajaran agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam dalam buku Unlimited You untuk dapat meningkatkan motivasi diri sesuai dengan konsep dari bimbingan dan konseling Islam yang terkandung dalam buku Unlimited You, kemudian di deskripsikan dengan hasil dan pembahasan dari analisis buku yang di teliti. Landasan pemikiran yang digunakan mencakup teori nilai, bimbingan dan konseling Islam, dan teori motivasi diri. Nilai merupakan suatu keyakinan yang mengarahkan untuk bertindak dan mengacu pada etika pola perilaku dan pemikiran benar atau salah dalam menentukan pilihan pada diri individu. Bimbingan dan konseling Islam merupakan upaya individu untuk membangun fitrah dan kembali kepada fitrah supaya bahagia di dunia dan akhirat. Motivasi diri merupakan pemberian semangat dan arahan untuk tindakan yang ingin dicapai. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian constructivism, dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian kepustakaan (library research), dan metode penelitian analisis isi (content analysis) terhadap pesan dalam nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi diri dengan teknik analisis data yang dilakukan menjadi bentuk penyederhanaan proses data menjadi lebih mudah dibaca dan dikategorikan sebagai bentuk dari hasil serta pembahasan yang terkandung dalam buku Unlimited You. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini dapat disimpulkan nilai-nilai bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan motivasi diri yang terkandung dalam buku Unlimited You karya Wirda Mansur dan sesuai dengan konsep bimbingan dan konseling Islam dikategorikan menjadi dua yaitu nilai yang berhubungan dengan diri sendiri dan nilai yang berhubungan dengan Allah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Bimbingan dan Konseling Islam; Motivasi diri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Philosophy and Theory of Literatures > Value, Influence, Effect of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syifa Nurfadiilah
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:03
Last Modified: 23 Jul 2021 02:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40809

Actions (login required)

View Item View Item