Toleransi Antar Umat Beragama menurut Penafsiran Sayyid Qutb dan Hamka (Study Komparatif Tafsir Fi Zhilalil Al-Qur'an dan Tafsir Al-Azhar)

Ruhimat, Apip (2020) Toleransi Antar Umat Beragama menurut Penafsiran Sayyid Qutb dan Hamka (Study Komparatif Tafsir Fi Zhilalil Al-Qur'an dan Tafsir Al-Azhar). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia kaya akan keragaman, sehingga menjadikan Indonesia sebagai Negara yang majemuk. Tetapi ke-majemukan tersebut rentan akan perpecahan ataupun permusuhan. Sebab, sejauh mana masyarakat bangsa tersebut dapat menjaga keharmonisan perbedaan terutama perbedaan agama menentukan keutuhan sebuah Negara. Sehingga, toleransi antar umat beragama menjadi hal yang sangat urgent. Di satu sisi penulis Tafsir Fi Zhilalil Qur’an lahir dan hidup negeri Arab yang terkenal dengan culture ke-Islaman-nya, sehingga sosoknya dikenal sebagai salah satu rujukan gerakan radikal keagamaan, yang dalam hal-hal tertentu sangat keras terhadap orang Barat dan juga orang kafir. Sedangkan, di sisi lain penulis Tafsir al-Azhar lahir dan hidup di bumi pertiwi yang kaya akan keanekaragamannya baik dari segi agama, budaya, suku, ras ataupun bahasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana toleransi menurut penafsiran Sayyid Qutbh dan Buya Hamka, serta bagaimana cara merealisasikannya. Meskipun kedua mufassir tersebut mempunyai latar belakang yang sama (yaitu seorang pejuang dan menulis karyanya dari balik jeruji besi).Tetapi di tempat yang berbeda (Arab dan Indonesia). Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari sebuah pemikiran bahwa toleransi beragama merupakan sikap lapang dada seseorang untuk menghormati dan membiarkan pemeluk agama untuk melaksanakan ibadah mereka menurut ajaran dan ketentuan agama masing-masing Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research) yakni suatu kegiatan mencermati, menelaah, mendalami, atau mengidentifikasi hal-hal yang telah ada. Penelitian ini juga bersifat deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat sesuai dengan subjek dan objek yang ada. Adapun penelitian ini menggunakan Qualitative Conten Analysis, serta metode perbandingan untuk menganalisis adanya persamaan dan perbedaan pendapat ataupun penafsiran antar mufassir (yang kitab tafsirnya diteliti). Sehingga, hasil dari penelitian ini diharapkan lebih praktis, informatif, dan komprehensif. Dari hasil penelitian ini terdapat adanya beberapa perbedaan pendapat mengenai penafsiran dan makna tentang ayat-ayat toleransi, tetapi keduanya sepakat bahwa Islam melarang umatnya untuk memaksa orang lain memeluk agama Islam, mengutamakan perdamaian dan menghindari peperangan, serta tidak ada larangan orang-orang mukmin berbuat baik kepada orang kafir (non muslim) selama mereka tidak memiliki niat untuk menghancurkan Islam. Toleransi terjadi karena terdapat perbedaan prinsip, kemudian menghormati perbedaan tersebut tanpa mengorbankan prinsip sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Tafsir Al-Azhar
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Apip Ruhimat
Date Deposited: 21 Jul 2021 02:19
Last Modified: 21 Jul 2021 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40795

Actions (login required)

View Item View Item