Pengaruh menonton film munafik terhadap pemahaman tentang akidah: Studi deskriptif di kalangan santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan

Deli, Siti Patma (2021) Pengaruh menonton film munafik terhadap pemahaman tentang akidah: Studi deskriptif di kalangan santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bnadung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (819kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Film sebagai media komunikasi yang bersifat audio-visual salah satu alat untuk penyampaian nilai-nilai Islam. Nilai Islam yang terdapat dalam sebuah tontonan ataupun film bersifat tersirat, kadangkala kita sebagai penonton bisa mengambil hikmah yang terkandung dalam film tersebut. Salah satu film yang dianggap mengandung nilai itu yakni film Munafik. Film munafik yang menceritakan bgaimana keyakinan kita kepada Allah SWT. Dan dalam film tersebut menunjukkan seorang yang tidak yakin akan kekuasaan Allah Swt sampai ia percaya akan kekuatan Iblis dengan kata lain menduakan Allah SWT. Sesuai latar belakang tersebut, maka peneliti menetapkan santri Asrama Putri Wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan sebagai objek penelitian. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengetahuan santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan, untuk mengetahui pengaruh menonton film munafik terhadap pemahaman tentang akidah di kalangan santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan, dan untuk mengetahui sikap pemahaman tentang akidah di kalangan santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan setelah menonton film munafik. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan data yang didapatkan dari responden, maka peneliti menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Dimana peneliti akan mendeskripsikan hasil dari statistik yang dihasilkan. Dan untuk mengahasilkan data tersebut peneliti melakukan penyebaran angket kepada responden atau yang menjadi objek penelitian yakni santri asrama putri wilayah II Pondok Pesantren Al-Ihsan, dan teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji signifikansi (uji t). Pengukuran dalam penyebaran angket tersebut menggunakan teori Efek media massa dan Hipodemik. teori hipodemik ini dianalogikan seperti jarum yang disuntikkan kepada sasaran atau objek, yang disuntikkan tersebut dalam hal ini yakni nilai Islam khususnya akidah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari data respnden sebanyak 85 orang, dengan 16 penyataan yang telah disediakan peneliti dalam bentuk angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menonton film munafik memberikan pengaruh terhadap pemahaman tentang akidah. Yang dimana peneliti menggunakan uji signifikansi dalam pengujian hipotesis peneliti. Deskriptif tersebut berdasarkan uji signifikansi yang diperoleh yakni thitung > ttabel yakni 7.208 > 1.992.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film; Akdah; Pengaruh; Pondok Pesantren
Subjects: Social Theology and Interreligious Relations and Attitudes
Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: siti patma deli
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:38
Last Modified: 14 Jul 2021 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40621

Actions (login required)

View Item View Item