Pengaruh Return on Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham (Stock Price) pada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2010-2019

Hardiansyah, Rifky (2021) Pengaruh Return on Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham (Stock Price) pada PT Wijaya Karya (Persero) Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal merupakan tempat jual beli surat berharga. Surat berharga yang diperdagangkan salah satunya adalah saham. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi harga saham adalah rasio profitabilitas diantaranya Return on Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM). Harga saham (Stock Price) merupakan indikator kekuatan perusahaan, jika harga saham di perusahaan terus meningkat berarti perusahaan dalam kondisi baik. Return on Assets (ROA) merupakan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba dengan total aktiva yang dimilikinya. Net Profit Margin (NPM) merupakan rasio untuk mengukur keuntungan dengan membandingkan antara laba bersih dengan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh Return on Assets (ROA) terhadap harga saham secara parsial, berapa besar pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham dan berapa besar pengaruh Return on Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham secara simultan pada PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. periode 2010-2019 yang telah dipublikasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows V.22.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil uji t parsial diperoleh bahwa thitung dan ttabel yaitu 0,632<2,306 artinya Ho diterima dan Ha ditolak maka secara parsial Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Pada variabel Net Profit Margin (NPM) diperolehan thitung dan ttabel yaitu 0,601<2,306 maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan Hasil dari uji f simultan besarnya fhitung dan ftabel yaitu 0,371<4,47 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh antara Return On Asset (ROA) dan Net profit Margin (NPM) terhadap Harga Saham (Stock Price).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return on Assets; Net Profit Margin; Harga Saham;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rifky Hardiansyah
Date Deposited: 14 Jul 2021 01:56
Last Modified: 14 Jul 2021 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40608

Actions (login required)

View Item View Item