Tinjauan kriminologi terhadap kejahatan narkotika yang dilakukan anak sebagai pengedar di wilayah hukum kepolisian daerah Jawa Barat

Novianty, Nurlaenisa (2021) Tinjauan kriminologi terhadap kejahatan narkotika yang dilakukan anak sebagai pengedar di wilayah hukum kepolisian daerah Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak .pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi .pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I Pendahuluan .pdf

Download (769kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy

Abstract

Kejahatan narkotika sebagai kejahatan multidimensional dan terorganisir yang merupakan salah satu kejahatan extraordinary crime atau kejahatan luar biasa, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. yang mengatur berbagai bentuk penyalahgunannya, termasuk kejahatan narkotika yang dilakukan oleh anak, dimana kejahatan ini telah menjadikan seorang bukan lagi penggguna melainkan seorang pengedar. Tentu saja hal ini telah berakibat fatal bagi kehidupan anak-anak sebab kejahatan narkotika mampu merusak moral generasi muda bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) modus operandi kejahatan narkotika yang dilakukan oleh anak sebagai pengedar dalam tinjauan kriminologi, (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya kejahatan narkotika yang dilakukan anak sebagai pengedar, (3) upaya penanggulangan yang dilakukan kepolisian dalam menanggulangi kejahatan narkotika yang dilakukan anak sebagai pengedar di wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Barat. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penyebab timbulnya kejahatan yang menggunakan perspektif biologis, psikologis, dan sosiologis. Dengan adanya teori ini penulis dapat menyimpulkan tentang gejala-gejala yang berkaitan dengan teori yang ada tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, serta menggunakan pendekatan yuridis empiris, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, kuisioner yang didukung dengan studi pustaka. Adapun jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa data jawaban atas pertanyaan penelitian yang diajukan terhadap masalah yang dikaji. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa terdapat beberapa modus operandi yang dilakukan anak dalam mengedarkan narkotika yaitu sistem tradisional, sistem tempel, menggunakan jasa ekspedisi, dan menggunakan media sosial. Adapun faktor-faktornya terdiri dari faktor internal yang terdiri dari faktor individu, faktor keluarga dan faktor religi serta faktor eksternal yang erat dengan keadaan sosiologis anak yakni faktor lingkungan, pergaulan, ekonomi, serta teknologi yang menjadi faktor dominan bagi anak dalam melakukan peredaran narkotika. Upaya kepolisian dalam menanggulangi peredaran narkotika yang dilakukan anak di wilayah hukum Kepolisian Daerah Jawa Barat yang terdiri dari upaya preventif (pencegahan) berupa penyuluhan, dan upaya represif (tindakan) berupa razia yang disertai penangkapan dengan ditekankan pada upaya pembinaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Kriminologi; Kejahatan Narkotika; Anak; Pengedar; Kepolisian Daerah Jawa Barat
Subjects: Criminal Law > Crimes
Criminology
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Nurlaenisa Novianty
Date Deposited: 12 Jul 2021 06:51
Last Modified: 12 Jul 2021 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40556

Actions (login required)

View Item View Item