Intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah hubungannya dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari

Lestari, Devi (2021) Intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah hubungannya dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Al-Ittihad dalam melaksanakan shalat sehari-hari. Secara umum, siswa kelas VII sudah menguasai pembahasan tentang bab shalat, begitupun dengan pelafalan bacaan shalatnya yang baik. Berdasarkan studi pendahuluan, sekolah tersebut pernah mengadakan program shalat dhuha dan dzuhur berjamaah di sekolah, dan program tersebut berjalan dengan efektif. Namun, dengan adanya pandemi covid-19 ini, siswa tidak memiliki motivasi dan dorongan yang kuat untuk melaksanakan shalat lima waktu. Dengan demikian, penyelenggaraan pembinaan shalat lima waktu di sekolah ini bertujuan untuk memberikan motivasi serta membina dan membiasakan siswa agar meningkatkan kedisiplinannya dalam melaksanakan shalat sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) realitas intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor, (2) realitas kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari di kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor, (3) realitas hubungan intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari. Penelitian ini diasumsikan bahwa intensitas sangat erat kaitannya dengan kedisiplinan. Disiplin dalam melaksanakan shalat dipengaruhi oleh intensitas mengikuti pembinaan shalat lima waktu. Oleh karena itu, penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran: jika siswa mempunyai intensitas yang tinggi dalam mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah, maka akan semakin tinggi kedisiplinannya dalam melaksanakan shalat sehari-hari. Dengan artian, terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelatif. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan angket dengan responden sebanyak 29 siswa. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) Realitas intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu termasuk kategori tinggi (rata-rata 4,22), (2) Realitas kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari termasuk kategori Tinggi (rata-rata 4,36), (3) Realitas hubungan intensitas siswa mengikuti pembinaan shalat lima waktu di sekolah dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan shalat sehari-hari adalah: (a) koefisien korelasinya sebesar 0,69 termasuk kategori kuat. (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung 4,95 lebih besar dari ttabel 1,70, dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabek Y yaitu sebesar 28%, hal ini menunjukkan masih lebih dominan 72% terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa untuk melaksanakana shalat lima waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Siswa; Pembinaan; Shalat lima waktu; kedisiplinan;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Lestari
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:41
Last Modified: 12 Jul 2021 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40485

Actions (login required)

View Item View Item