Analisis perbedaan nilai intrinsik saham menggunakan pendekatan fundamental sebagai pengambilan keputusan investasi : Analisis pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019

Hidayat, Tatan (2021) Analisis perbedaan nilai intrinsik saham menggunakan pendekatan fundamental sebagai pengambilan keputusan investasi : Analisis pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalah Investor dalam memilih investasi saham untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Saham memiliki karakteristik high risk high retun yang dapat mengakibatkan kerugian dan hilangnya modal yang ditanamkan jika investor salah dalam memilih saham. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi saham melalui nilai intrinsik saham perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 menggunakan pendekatan fundamental dengan model valuasi Price Earning Ratio dan Price to Book Value untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan investasi, membandingkan nilai intrinsik kedua model valuasi dengan harga pasar, serta membandingankan nilai intrinsik diantara model valuasi yang digunakan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling dan menghasilkan 5 perusahaan sektor pertambangan. Data yang digunakan menggunakan data sekunder dengan teknik pengambilan data melalui dokumentasi dan pencarian data online. Teknik data penelitian menggunakan uji beda independent sample T test dan paired sample T test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari penggabungan nilai intrinsik kedua model valuasi saham menunjukan 60% kondisi saham dalam kondisi undervalue artinya disarankan untuk dibeli dan 40% dalam kondisi overvalue artinya saham disarankan untuk dijual. Hasil perbandingan menunjukan model valuasi PER memiliki perbedaan dengan harga pasar, sedangkan model valuasi PBV tidak memiliki perbedaan dengan harga pasar. Serta kedua model valuasi yang digunakan yaitu PER dan PBV tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Intrinsik;Perusahaan sektor pertambangan;PER;PBV
Subjects: General Management
General Management > Management of Investment, Capitalization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Tatan Hidayat
Date Deposited: 09 Jul 2021 02:05
Last Modified: 09 Jul 2021 02:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40475

Actions (login required)

View Item View Item