Pengaruh Total Asset Turnover dan Current Ratio terhadap Return On Asset pada PT. Gudang Garam Tbk. periode tahun 2010-2019

Intan, Siti (2021) Pengaruh Total Asset Turnover dan Current Ratio terhadap Return On Asset pada PT. Gudang Garam Tbk. periode tahun 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan utama untuk menghasilkan dan meningkatkan suatu keuntungan. Beberapa factor keuntungan yang digunakan untuk mengukur profitabilitas dapat dilihat dari rasio aktivitas yang diukur oleh total asset turnover dan rasio likuiditas yang diukur oleh current ratio. Kedua rasio ini memiliki peranan penting bagi perusahaan dan dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas perusahaan. Manajer keuangan dalam perusahaan harus mampu mengontrol tingkat current ratio supaya tidak terlalu tinggi dan terlalu kecil agar dapat menguntungkan bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel total assey turnover dan current ratio berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu return on asset baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data sekunder (time series) yaitu berbentuk laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan oleh PT. Gudang Garam Tbk periode tahun 2010-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, analisis regresi, analisis asumsi klasik, analisi uji hipotesis, analisis korelasi dan analisis determinasi. Hasil perhitungan statistic menunjukan bahwa pengaruh total asset turnover terhadap return on asset secara parsial dengan hasil pegujian uji t bahwa nilai thitung < ttabel (-0.164 < 2.365) maka Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya secara parsial total asset turnover tidak berpengaruh signifikan dan negative terhadap return on asset pada PT. Gudang Garam Tbk periode tahun 2010-2019. Pengaruh current ratio terhadap return on asset secara parsial dengan hasil dari hasil uji t dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel yaitu thitung > ttabel (2.516> 2.365). Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya secara parsial current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset pada PT. Gudang Garam Tbk. periode tahun 2010-2019. Pengaruh total asset turnover dan current ratio secara simultan terhadap return on asset dengan uji hipotesis atau uji signifikansi sianova diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (4.882 > 4.74). Maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya secara simultan total asset turnover dan current ratio berpengaruh signifikan terhadap return on asset pada PT. Gudang Garam Tbk. periode tahun 2010-2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover; Current Ratio; Return On Asset;
Subjects: International Economics
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Commerce
Insurance
Education
Commerce, Trade
International Commerce, Foreign Trade
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Analysis, Theory of Functions > Functional Analysis
Inventions and Patents
Business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Siti Intan
Date Deposited: 08 Jul 2021 01:40
Last Modified: 08 Jul 2021 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40412

Actions (login required)

View Item View Item