Penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gerak

Fauzy, Alfian Ahmad (2020) Penerapan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hukum Newton tentang gerak. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu dengan menerapkan model pembelajaran concept attainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan modelpembelajaran concept attainment dan peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkannya model pembelajaran concept attainment pada materi hukum Newton tentang gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas semester 7 prodi pendidikan fisika UIN Sunan Gunung Djati sebanyak 25 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar kerja siswa, dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan rata-rata seluruh pertemuan aktivitas guru adalah 84% termasuk dalam kategori sangat baik dan siswa adalah 79% yang termasuk pada kategori baik. Selain itu terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,65 berkategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf kesalahan 5% diperoleh data yang menunjukan bahwa t hitung (31,702) > t tabel (2,064) yang berarti terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran concept attainment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Concept Attainment; Penguasaan Konsep; Hukum Newton
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Alfian Ahmad Fauzy
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:33
Last Modified: 06 Jul 2021 06:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40395

Actions (login required)

View Item View Item