Peran pembimbing dalam meningkatkan disiplin dan kepribadian santri : Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis

Firdaus, Yuni Wulandari (2021) Peran pembimbing dalam meningkatkan disiplin dan kepribadian santri : Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy

Abstract

Disiplin membuat individu menyadari akan pentingnya sebuah tanggung jawab yang dimiliki, dengan begitu semua kegiatan akan teratur dan terarah serta menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat negatif, oleh karena itu kesadaran tentang pentingnya penerapan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari perlu ditanamkan, karena seorang individu akan tumbuh dan berkembang dengan baik jika ia hidup dalam ketertiban dan keteraturan, khususnya dalam rutinitas yang disusun secara teliti dan dilaksanakan dengan konsisten. Tujuan penelitian ini untuk membahas peran pembimbing dalam meningkatakan disiplin dan kepribadian santri di pondok pesantren. Secara khusus pembahasannya diarahkan untuk menjawab masalah yang berhubungan dengan tingkat kedisiplinan santri, proses bimbingan dan peran pembimbing dalam meningkatkan disiplin dan kepribadian santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori menurut Saardiman A.M, yang menyatakan bahwa, peranan guru pembimbing dalam membina siswa adalah sebagai Informator, Organisator, Motivator , Pengarah atau Director , Inisiator, Fasilitator, Mediator, Serta Evaluator. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks bimbingan konseling islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembimbing memiliki peran yang sangat penting dalam membantu meningkatkan disiplin dan kepribadian santri, pembimbing sebagai penggerak serta pelaksana dari adanya proses bimbingan. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu tahap awal disebut dengan masa pengenalan dan sosialisasi agenda harian santri, tahap inti pelaksanaan agenda harian, tahap evaluasi, dan yang terakhir yakni tahap tindak lanjut. Proses bimbingan terhadap santri yang berjalan secara konsisten dan berkala mampu menyadarkan santri menjadi lebih disiplin dalam menjalankan agenda harian serta memotivasi santri menjadi individu yang memiliki kepribadian yag baik dengan menaati peraturan pondok pesantren. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran pembimbing dalam meningkatkan disiplin dan kepribadian santri di pondok pesantren Darussalam Ciamis berjalan dengan lancar dan berhasil. Kata kunci: Peran Pembimbing, Kedisiplinan, Kepribadian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing; Kedisiplinan; Kepribadian;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yuni Wulandari firdaus
Date Deposited: 08 Jul 2021 05:13
Last Modified: 08 Jul 2021 05:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40364

Actions (login required)

View Item View Item