Pengaruh manajemen kurikulum pembelajaran berbasis pesantren terhadap pembentukan karakter siswa : Penelitian di SMPIT Mimbar Hufadz Kabupaten Bekasi

Mariasari, Wahyu Rintan (2021) Pengaruh manajemen kurikulum pembelajaran berbasis pesantren terhadap pembentukan karakter siswa : Penelitian di SMPIT Mimbar Hufadz Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen kurikulum pembelajaran merupakan suatu bentuk usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter siswa. Karena hal utama yang mempengaruhi karakter anak itu adalah pembelajaran. Di SMPIT Mimbar Hufadz, untuk santri baru biasanya banyak yang melakukan kenakalan seperti kabur dari pondok, berkelahi dengan teman, datang terlambat ke pesantren apabila selesai liburan, serta lainnya. Banyak faktor penyebab dari turunnya karakter siswa. Untuk memperbaiki hal tersebut bisa dengan pola manajemen kurikulum pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum pembelajaran berbasis pesantren terhadap pembentukan karakter siswa di SMPIT Mimbar Hufadz Kabupaten Bekasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 71 sampel yang terdiri dari 21 sampel tenaga pendidik dan kependidikan dan 50 sampel dari siswa/i SMPIT Mimbar Hufadz, dengan menggunakan kuesioner model skala likert sebagai data primer yang disebar melalui Online dengan menggunakan WhatsApp untuk tenaga pendidik dan kependidikan dan penyebaran angket langsung untuk siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif verifikatif. Deskriptif verifikatif ini adalah metode yang digunakan untuk mendapatkan hasil data penelitian melalui pembuktian pengujian hipotesis dari hasil penelitian deskriptif dengan perhitungan statistik untuk menghasilkan bukti yang menunjukkan bahwa hipotesis ditolak atau diterima. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini, yaitu random sampling dengan teknik penentuan sampel secara acak atau random dari populasi yang ada, artinya semua populasi mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel (responden). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana yaitu alat uji statistik dalam penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y sehingga dapat diambil kesimpulan apakah masalah yang diteliti terdapat pengaruh yang linear dan signifikan. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh Manajemen Kurikulum Pembelajaran Berbasis Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter siswa di SMPIT Mimbar Hufadz. Dengan diperoleh nilai koefisien sebesar 0,823 atau 82,3 %. Dan mendapatkan hasil signifikansi antara keduanya diperoleh 0,000 < 0,05. Maka dapat di artikan bahwa variabel X memiliki pengaruh yang linear secara positif dan signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada pengaruh positif dan terarah dari Variabel manajemen kurikulum pembelajaran berbasis pesantren terhadap pembentukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Pembelajaran Berbasis Pesantren; Pembentukan Karakter
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahyu Rintan Mariasari
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:54
Last Modified: 05 Jul 2021 07:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/40356

Actions (login required)

View Item View Item